Minggu, 14 Agustus 2022

Timnas Indonesia Batal Ikuti Piala AFF U23 2022

Laporan oleh Farid Kusuma
Bagikan
Punggawa Timnas Indonesia berpose di hadapan fotografer sebelum bertanding melawan Timnas Singapura dalam pertandingan Semi Final Leg 1 Piala AFF 2020 di National Stadium, Singapura, Rabu (22/12/2021). Foto: PSSI

Persatuan Sepak Bola Seluruh Indonesia (PSSI) memutuskan tidak mengirim tim nasional ke ajang Piala AFF usia di bawah 23 tahun (U-23) yang dijadwalkan berlangsung 14-26 Februari 2022, di Kamboja.

Bandung Saputra Media Officer PSSI mengatakan, ada sejumlah alasan di balik keputusan pembatalan yang diumumkan pagi hari ini, Jumat (11/2/2022).

“Betul, Timnas U-23 batal berangkat ke Kamboja. Alasan pertama, ada tujuh orang pemain dan satu ofisial yang positif Covid-19,” ujarnya kepada Suara Surabaya, Jumat (11/2/2022).

Pemain yang terinfeksi Virus Corona yaitu Ronaldo Joybera R Junior, Muhammad Ferrari, Braif Fatari, Taufik Hidayat, Irfan Jauhari, Ahmad Figo Ramadhani, dan Cahya Supriyadi.

Kemudian, ada empat pemain lainnya yang masih menunggu hasil tes karena sekamar dengan mereka yang terkena covid-19.

Keempat pemain itu masing-masing Alfeandra Dewangga, Genta Alparedo, Muhammad Kanu Helmiawan, dan Marcelino Ferdinan.

Alasan kedua, ada tiga pemain yang cedera waktu memperkuat klubnya masing-masing di Kompetisi Liga 1, yaitu Gunansar Mandowen, Ramai Rumakiek, dan Muhammad Iqbal.

Merespons kondisi itu, Shin Tae-yong Pelatih Timnas Indonesia mengirim surat resmi ke PSSI yang berisi usulan pembatalan keikutsertaan Indonesia di Piala AFF U-23.

Menurut Bandung, Mochamad Iriawan Ketua Umum PSSI langsung berdiskusi dengan Iwan Budianto Waketum, Yunus Nusi Sekjen, Indra Sjafri Direktur Teknik, dan Shin Tae-yong.

Hasilnya, PSSI sepakat untuk tidak memberangkatkan Timnas U-23 ke Kamboja.

Atas pembatalan yang terjadi karena kondisi di luar kendali, PSSI meminta maaf kepada masyarakat dan seluruh pihak yang mendukung Timnas Indonesia.

Sekadar informasi, Timnas Indonesia berstatus juara bertahan Piala AFF U-23. Di babak penyisihan turnamen kali ini, Indonesia satu grup dengan Laos, Myanmar, dan Malaysia.(rid/tin)

Berita Terkait

Potret NetterSelengkapnya

Langir Sore di Grand Pakuwon

Suatu Sore di Sembayat Gresik

Sore yang Macet di Raya Nginden

Peserta Pawai Taaruf YPM Sidoarjo di Sepanjang

Surabaya
Minggu, 14 Agustus 2022
24o
Kurs