Kamis, 25 April 2024

Isu GBT Batal Jadi Tuan Rumah Piala Dunia U-20, Eri Cahyadi : Saya Belum Terima Surat dari PSSI

Laporan oleh Meilita Elaine
Bagikan
Pemeliharaan di Stadion Gelora Bung Tomo (GBT) Kota Surabaya, Jatim, Selasa (15/3/2022). Foto: Antara/Diskominfo Surabaya

Beredar isu Stadion Gelora Bung Tomo (GBT) Surabaya batal menjadi tuan rumah gelaran internasional Piala Dunia U-20 2023. Terkait hal ini, Eri Cahyadi Wali Kota Surabaya mengaku belum menerima surat resmi dari Persatuan Sepak Bola Seluruh Indonesia (PSSI).

“Itu saya belum dapat surat resmi PSSI. Sebenarnya dulu kita ditunjuk jadi Piala Dunia juga dari PSSI. Kalau ada batal ya pasti ada surat. Tapi malah muncul surat Piala AFC U-20. Malah dipakai, kan juga masuk internasional juga kan,” kata Eri Cahyadi saat dikonfirmasi suarasurabaya.net, Sabtu (27/8/2022).

Hingga kini, Pemerintah Kota (Pemkot) Surabaya terus mengebut pengerjaan beberapa fasilitas yang menjadi catatan Federasi Sepak Bola Internasional (FIFA). Misalnya bau tempat pembuangan akhir (TPA) Benowo yang lokasinya ada dekat stadion, kemudian akses jalur menuju GBT, pembangunan tangga lapangan, penambahan genset, pemasangan permanen area kamera, serta penambahan area difabel.

Semua pengerjaan fasilitas tersebut, targetnya tanggal 9 September 2022, semuanya sudah selesai dan siap digunakan.

“Sudah jalan semua. Sudah kita tampilkan rapat dengan PSSI. Beliau menyampaikan sudah sesuai progres. Maka digunakan untuk Piala AFC, untuk uji coba besok. Karena timeline kita berakhir di 9 September. kalau semua sudah jalan, salah satunya 14 September itu untuk nyoba semuanya, lampunya dan sebagainya, ada Piala AFC di Surabaya,” imbuh Eri.

Meski catatan itu dipakai untuk Piala Dunia U-20, Eri memastikan akan menampilkan semua hasil pengerjaan fasilitas tersebut saat Piala AFC U-20 digelar.

“Sebenarnya kalau belum internasional yo gak onok (ya tidak ada) AFC biasanya. Berarti ini yang kita lakukan dilihat. Di situlah nanti apa yang disyarat-syaratkan sudah ada,” jelasnya.

Sementara itu Ahmad Riyadh Ketua Umum Asprov PSSI Jatim mengatakan, penentuan lokasi tuan rumah Piala Dunia U-20 menjadi sepenuhnya ketentuan FIFA.

“Belum tentu, nanti terakhir sendiri FIFA datang akan menentukan sendiri. Kan banyak yang kita ajukan, Surabaya, Solo, Jakarta, Bali, Palembang, semua kan diajukan, semua disupervisi, diasesmen, diperiksa semuanya. Kita buktikan saja di Piala Asia nanti kita akan datang juga. H- berapa saja bisa berubah. kepastian itu nanti pada saat penilaian akhir,” ujarnya dikonfirmasi suarasurabaya.net, Sabtu (27/8/2022).

Diketahui, Pemerintah Kota (Pemkot) Surabaya sedang menyiapkan Stadion Gelora Bung Tomo (GBT) untuk ajang kualifikasi Piala AFC U-20 2023. Pertandingan itu akan digelar pada 14 sampai 18 September 2022 untuk Grup F, yang diisi oleh Timnas Indonesia, Hongkong, Vietnam dan Timor Leste. (lta/bil)

Berita Terkait

Potret NetterSelengkapnya

Motor Tabrak Pikap di Jalur Mobil Suramadu

Mobil Tertimpa Pohon di Darmo Harapan

Pagi-Pagi Terjebak Macet di Simpang PBI

Surabaya
Kamis, 25 April 2024
27o
Kurs