Kamis, 25 April 2024

Jokowi Presiden Apresiasi Kesuksesan Formula E Jakarta

Laporan oleh Farid Kusuma
Bagikan
Jokowi Presiden memberikan Trofi Juara Pertama Formula E Jakarta kepada Mitch Evans, Sabtu (4/6/2022), di Sirkuit Internasional E-Prix Jakarta, Ancol, Jakarta Utara. Foto: Biro Pers Setpres

Event balap mobil listrik (Formula E) yang berlangsung hari ini, Sabtu (4/6/2022), di Jakarta International E-Prix Circuit, Ancol, Jakarta Utara, sukses terselenggara.

Joko Widodo Presiden yang menyaksikan langsung balapan bersyukur dan mengapresiasi suksesnya acara berskala internasional tersebut.

Alhamdulillah semuanya berjalan dengan lancar dan baik. Saya kira ini event masa depan karena kita tahu nanti akan ada pergeseran dari mobil yang sekarang ke banyak nanti pemakai mobil listrik. Sehingga, ini menjadi sebuah tontonan yang ke depan menurut saya akan makin digemari,” ujarnya usai menyerahkan trofi kepada pemenang lomba.

Jokowi berharap, ajang Formula E menjadi awal pengenalan masyarakat terhadap mobil listrik dalam proses membangun ekosistem kendaraan bertenaga listrik di Tanah Air.

“Saya kira ini teknologi yang dipertontonkan di Formula E akan menuju kepada kendaraan ramah lingkungan,” imbuhnya.

Lebih lanjut, Kepala Negara menyatakan akan mendukung semua kegiatan yang membawa nama baik Indonesia, termasuk wacana balapan Formula E di Jakarta digelar dua seri dalam setahun.

Menurut Presiden, pemerintah pusat sudah memberikan berbagai dukungan dalam proses penyelenggaraan Jakarta E-Prix.

“Saya kira mulai dari pembangunan sirkuitnya, saya juga turun untuk melihat kesiapan, kemudian juga semua yang berkaitan dengan barang-barang masuk, bea cukai di Kementerian Keuangan, kemudian Menparekraf juga saya kira izin-izin semuanya dikeluarkan, itu bentuk dukungan,” jelasnya.

Mantan Gubernur DKI Jakarta itu pun berharap ke depan akan lebih banyak kompetisi balap di Sirkuit Formula E, Jakarta Utara, dan sirkuit lain di Indonesia.

“Semakin banyak event di sirkuit akan makin produktif dan baik. Kalau bisa setiap minggu ada terus akan lebih baik. Setiap tahun 10 kali, 15 kali akan lebih baik,” tandasnya.

Sekadar informasi, Mitch Evans sukses menjadi juara pertama balap mobil listrik Formula E Jakarta.

Pebalap dari Tim Jaguar TCS Racing itu meraih podium pertama usai berduel sengit dengan Jean-Eric Vergne (DS Techeetah) yang finis di urutan kedua, dan Edardo Mortara (ROKiT Venturi Racing) di posisi ketiga.(rid/iss)

Berita Terkait

Potret NetterSelengkapnya

Motor Tabrak Pikap di Jalur Mobil Suramadu

Mobil Tertimpa Pohon di Darmo Harapan

Pagi-Pagi Terjebak Macet di Simpang PBI

Surabaya
Kamis, 25 April 2024
27o
Kurs