Kamis, 25 April 2024

Ketua KONI Surabaya Optimistis Bisa Mempertahankan Gelar Juara di Porprov 2022

Laporan oleh Billy Patoppoi
Bagikan
Eri Cahyadi Wali Kota Surabaya melepas sebanyak 794 atlet untuk mengikuti Pekan Olahraga Pemerintah Provinsi (Porprov) Jawa Timur VII Tahun 2022 di halaman Balai Kota Surabaya, Rabu (22/6/2022). Foto: Diskominfo Surabaya

Surabaya kembali pasang target mempertahankan status juara umum tujuh kali berturut-turut dalam gelaran Pekan Olahraga Provinsi Jawa Timur (Porprov Jatim) VII tahun 2022, yang digelar di Kabupaten Jember, Situbondo, Lumajang, dan Bondowoso.

Dalam helatan tersebut, Kota Pahlawan mengirimkan 794 atlet yang akan berlaga dalam 51 cabang olahraga (cabor) untuk meraih medali emas sebanyak mungkin.

Sampai Sabtu (25/6/2022) pukul 23.00 WIB, Kota Surabaya berhasil meraih empat medali emas, satu medali perak dan perunggu. Pencapaian atlet Kontingen Surabaya membuatnya bertengger di posisi pertama klasemen sementara Porprov VII.

Hosli Abdulah Ketua Komite Olahraga Nasional Indonesia (KONI) Surabaya, pada Radio Suara Surabaya Minggu (26/6/2022) mengatakan, hasil sementara tersebut membuat target mempertahankan juara umum kemungkinan besar bisa terwujud. Selain itu, atlet yang dikirimkan juga memenuhi persyaratan seperti waktu juara di edisi sebelumnya pada Porprov Jatim VI 2019.

“Strategi khusus pasti ada. Apalagi, kami di KONI Surabaya punya program khusus untuk para atlet untuk fokus meraih medali. Selain itu dukungan Pak Eri Cahyadi Wali Kota Surabaya yang membuka semua venue olahraga semakin memudahkan atlet untuk latihan,” jelasnya.

Hosli mengungkapkan, cabor unggulan atlet Kota Pahlawan antara lain Judo, Taekwondo, Panahan, Renang, Selam, dan beberapa cabor beregu lainnya. Pesaing terberat, lanjut dia, adalah Kabupaten Jember, selain itu ada Kabupaten Gresik, Sidoarjo, Kediri dan Malang.

Alhamdulillah, di hari pertama kemarin (Sabtu), selisih perolehan medali Surabaya cukup jauh dari yang lain,” katanya.

Selain mempertahankan status juara umum untuk kali ketujuh berturut-turut, Ketua KONI Surabaya juga menyampaikan punya target lain, yaitu memecahkan rekor baru di Porprov Jatim.

“Yang pasti memecahkan rekor dengan meraih medali emas lebih banyak dari gelaran sebelum-sebelumnya. Kami juga ingin melahirkan bibit-bibit atlet lebih banyak lagi untuk dikirim ke kancah nasional (Pekan Olahraga Nasional),” imbuhnya.

Lebih lanjut, Hosli Abdulah menyatakan bakal ada bonus buat para atlet berprestasi, sebagai bentuk penghargaan.

“Untuk yang memperoleh medali emas, kami sudah anggarkan bonus hadiah Rp30 juta untuk masing-masing atlet sebagai reward mereka,” jelasnya.

Terakhir, Ketua KONI Surabaya juga mengucapkan terima kasih pada Pemerintah Kota dan seluruh Warga Surabaya yang mendukung penuh para kontingen, baik dengan hadir langsung di Jember mau pun melalui media sosial.(bil/rid)

Berita Terkait

Potret NetterSelengkapnya

Motor Tabrak Pikap di Jalur Mobil Suramadu

Mobil Tertimpa Pohon di Darmo Harapan

Pagi-Pagi Terjebak Macet di Simpang PBI

Surabaya
Kamis, 25 April 2024
26o
Kurs