Selasa, 7 Mei 2024

Ketum IKASI Jatim Target Minimal Dua Emas dalam Kejurnas Anggar 2022

Laporan oleh Risky Pratama
Bagikan
Ali Ruchi Ketua Umum Ikatan Anggar Seluruh Indonesia (IKASI) Jatim, saat berada di gedung Komite Olahraga Nasional Indonesia (KONI) Jatim, pada Rabu (26/10/2022) sore. Foto: Risky suarasurabaya.net

Ali Ruchi Ketua Umum Ikatan Anggar Seluruh Indonesia Jawa Timur (IKASI Jatim), menargetkan dapat menyabet minimal dua emas dalam ajang Kejurnas Anggar 2022, yang dilaksanakan di Gedung Olahraga (GOR) Popki Cibubur, Jakarta Timur, mulai hari ini (27 Oktober) hingga 3 November 2022.

“Kita ada target, yakni minimal dua medali emas di nomor sabel putri dan degen senior,” ucapnya saat berada di gedung Komite Olahraga Nasional Indonesia (KONI) Jatim, Rabu (26/10/2022) sore kemarin.

Dalam kesempatan itu, ia juga mengatakan bahwa seluruh atlet anggar yang akan bertanding di Cibubur itu, sudah mendapat persiapan dari para pelatih. “Untuk persiapannya sendiri, selama sepuluh hari ini kita melalukan Puslatda di GOR Sidoarjo,” ucapnya.

Menurutnya, melalui latihan itu, terdapat perkembangan pada para atlet anggar Jatim yang disiapkan untuk bertanding di kancah Nasional.

“Progresnya luar biasa, karena ada latihan fisik, latihan teori, dan juga sparing. Makannya, kita ingin buktikan di Kejurnas yang ada di Cibubur ini,” jelasnya.

Selain itu, ia juga mengatakan bahwa hasil dari Kejurnas 2022 itu, akan menjadi penilaian bagi pengurus IKASI Jatim merekrut atlet dalam program Puslatda Jatim untuk proyeksi Pekan Olahraga Nasional (PON) 2024 mendatang, yang dilaksanakan di Aceh, Sumatera Utara.

Menurutnya, persiapan untuk menatap PON sudah harus dilakukan sejak sekarang, meski ajang olahraga nasional itu waktunya masih terbilang lama.

Sementara itu, dalam kejuarnas di Cibubur yang berlangsung selama delapan hari, ada sebanyak 58 atlet anggar yang akan bertanding. Mereka semua merupakan pemain yang dipilih secara langsung oleh IKASI Jatim.

“Pemilihan atlet anggar ini, berdasarkan peringkat pemain di Jawa Timur. Jadi, yang peringkatnya baik dapat kesempatan untuk berangkat Kejurnas di Cibubur,” ucapnya.

Mereka yang terpilih, berada di nomor pemula floret putra dan putri, cadet floret putra dan putri, cadet degen putra dan putri, cadet sabel putra dan putri,

Kemudian, ada juga dari nomor junior degen putra dan putri, junior floret putra dan putri, junior sabel putra dan putri, senior degen putra dan putri, senior floret putra dan putri, serta senior sabel putra dan putri. Semua atlet dari masing-masing nomor itu, akan berjuang untuk memperebutkan medali emas dalan Kejurnas anggar 2022.

Ali Ruchi berharap, para pemain yang berangkat untuk pertandingan nasional itu, dapat bermain dengan menerapkan strategi yang telah dipelajari, agar hasil yang didapat maksimal, bisa menyabet mendali emas, dan lebih siap untuk menatap PON 2024.

“Karena, kita benar-benar dibangun agar anggar Jawa Timur bisa dapat emas di PON, karena PON sebelumnya, hanya dapat perak,” pungkasnya. (ris/bil/rst)

Berita Terkait

..
Potret NetterSelengkapnya

Massa Hari Buruh Berkumpul di Frontage Ahmad Yani

Motor Tabrak Pikap di Jalur Mobil Suramadu

Mobil Tertimpa Pohon di Darmo Harapan

Surabaya
Selasa, 7 Mei 2024
28o
Kurs