Jumat, 26 April 2024

Kroasia Melaju ke Semifinal Usai Singkirkan Brazil Lewat Adu Penalti

Laporan oleh Billy Patoppoi
Bagikan
Pesepak bola Brazil Richarlison (tengah) berebut bola dengan pesepak bola Kroasia Josko Gvardiol dalam laga babak perempat final Piala Dunia 2022, di Stadion Education City Stadium, Doha, Qatar, Jumat (9/12/2022). Foto: Reuters

Kroasia melaju ke semifinal Piala Dunia 2022 usai menyingkirkan Brazil melalui adu penalti dengan skor 4-2 setelah bermain imbang 1-1 selama 120 menit pada babak perempat final di Stadion Education City, Ar Rayyan, Qatar, Sabtu (10/12/2022) dini hari WIB.

Antara yang melansir dari FIFA, Brazil unggul lebih dulu melalui Neymar sebelum akhirnya Kroasia menyamakan kedudukan dari Bruno Petkovic selama berjalannya waktu normal hingga babak tambahan.

Kemenangan ini membawa Kroasia menempatkan satu tiket ke semifinal Piala Dunia 2022 dan akan menghadapi pemenangan antara Belanda dan Argentina.

Pada babak pertama, kedua timnas saling melancarkan ancaman ke kandang lawan. Brazil kali pertama yang memberikan ancaman melalui Vinicius Junior, namun bola masih bisa diamankan oleh kiper Dominik Livakovic.

Giliran Kroasia yang memberi ancaman, berawal dari umpan Mario Pasalic ke kotak penalti Brazil, tetapi Ivan Perisic tidak mampu menguasai bola sepenuhnya dan dapat disapu oleh Eder Militao.

Brazil berbalik mengancam ke gawang Kroasia lewat Neymar, kiper Livakovic dapat kembali mengamankan bola.

Menjelang usai babak pertama, Brazil terus mengancam ke gawang Kroasia. Kali ini tendangan bebas dari Neymar, akan tetapi bola terkena pagar pemain sehingga bola menuju ke arah dekapan Livakovic.

Pada babak kedua, Brazil tercatat memiliki tiga peluang namun tidak ada yang berbuah menjadi gol.

Brazil mendominasi jalannya pertandingan, lini serang skuad asuhan Tite terus menggempur barisan pertahanan Kroasia, namun Livakovic dapat menahan gempuran tersebut.

Empat menit sebelum babak kedua usai, Militao melakukan upaya tendangan ke arah gawang Kroasia, akan tetapi akhirnya bola menyamping dari gawang Livakovic. Skor 0-0 bertahan di waktu normal.

Pada waktu tambahan, Brazil tidak mengendurkan serangan dan mencari cara untuk mencetak gol pertamanya. Gol tersebut berbuah manis pada menit 105+1, melalui kerja sama Lucas Paqueta dan Neymar. Penyerang PSG melakukan aksi individu di kotak penalti Kroasia sebelum akhirnya melepaskan tendangan yang mengoyak gawang Livakovic.

Kroasia juga berusaha menyamakan kedudukan dan berbuah manis pada menit ke-117 melalui gol Bruno Petkovic. Skor berubah 1-1 yang memaksa pertandingan ke adu penalti.

Pada tandangan pertama, Kroasia melalui Nikola Vlasic sukses mengeksekusi tugasnya, sedangkan Rodrygo untuk Brazil dapat diamankan oleh Livakovic.

Selanjutnya di tendangan kedua, Lovro Majer serta Casemiro sukses membobol gawang di masing-masing lawannya. Skor sementara 2-1 untuk keunggulan Kroasia.

Di kesempatan ketiga, Luka Modric dan Pedro sukses melaksanakan tugasnya sehingga skro adu penalti menjadi 3-2.

Kesempatan terakhir, Mirslav Orsic sukses melaksanakan tugasnya, sedangkan Marquinhos tendangannya mengenai tiang gawang sehingga Kroasia berhak lolos ke babak ke babak semifinal usai memenangkan adu penalti dengan skor 4-2.

Susunan pemain Kroasia vs Brazil:

Kroasia (4-3-3)

Dominik Livakovic (GK); Josip Juranovic, Dejan Lovren, Josko Gvardiol, Borna Sosa (Ante Budimir 110′); Luka Modric (C), Marcelo Brozovic (Mislav Orsic 114′), Mateo Kovacic (Lovro Majer 106′); Mario Pasalic (Nikola Vlasic 72′), Andrej Kramaric (Bruno Petkovic 72′), Ivan Perisic.

Pelatih: Zlatko Dalic (Kroasia)

Brazil (4-3-3)

Alisson Becker (GK); Eder Militao (Alex Sandro 106′), Thiago Silva (C), Marquinhos, Danilo; Lucas Paqueta (Fred 106′), Casemiro, Neymar; Raphinha (Antony 56′), Richarlison (Pedro 84′), Vinicius Junior (Rodrygo 64′).

Pelatih: Tite (Brazil)

Wasit: Michael Oliver (Inggris).(ant/tik/ipg)

Berita Terkait

Potret NetterSelengkapnya

Motor Tabrak Pikap di Jalur Mobil Suramadu

Mobil Tertimpa Pohon di Darmo Harapan

Pagi-Pagi Terjebak Macet di Simpang PBI

Surabaya
Jumat, 26 April 2024
30o
Kurs