Jumat, 19 April 2024

LIB: Laga Lanjutan Liga 1 Dimulai 2 Desember di Jateng

Laporan oleh Dhafintya Noorca
Bagikan
Dirut PT LIB saat bertemu Menpora dan Exco PSSI. Foto: Kemenpora

PT Liga Indonesia Baru (LIB) menyatakan bahwa lanjutan Liga 1 musim 2022-2023 akan digelar dengan sistem gelembung (bubble) di Jawa Tengah sampai putaran pertama tuntas atau hingga laga pekan ke-17.

“Lanjutan Liga 1 itu rencananya mulai 2 Desember 2022. Untuk bubble nantinya tanpa penonton dan kami mau menyelesaikan putaran pertama dahulu,” ujar Ferry Paulus Direktur Utama LIB di Jakarta, Kamis (24/11/2022).

Menurut Ferry, kebijakan tanpa penonton tersebut dikeluarkan agar LIB dan klub memuluskan implementasi regulasi-regulasi baru pascatragedi di Stadion Kanjuruhan, Malang.

Hal itu karena pada paruh kedua musim Liga 1 akan kembali ke skema kandang-tandang.

Sementara Jawa Tengah dipilih karena lokasinya berada di tengah-tengah Pulau Jawa dan memiliki infrastruktur memadai yang sudah diverifikasi oleh Kementerian PUPR.

Ada empat stadion yang disiapkan untuk skema gelembung Liga 1 yakni Stadion Maguwoharjo (Sleman), Stadion Jatidiri (Semarang), Stadion Sultan Agung (Bantul) dan Stadion dr Moch Soebroto (Magelang).

Ferry Paulus pun menegaskan bahwa semua tim Liga 1 2022-2023 setuju dengan skema gelembung itu.

“Semuanya sepakat karena memang ini menyesuaikan dengan dinamisnya peraturan-peraturan dari polisi yang akan diselaraskan mulai dari proses izin, pelaksanaan pertandingan sampai evaluasi,” kata Ferry, seperti dikutip dari Antara.

Pria yang sebelumnya menjabat Direktur Olahraga Persija itu melanjutkan, putaran pertama Liga 1 Indonesia 2-22-2023 diharapkan selesai sebelum laga perdana timnas Indonesia berlaga di Piala AFF 2022 yaitu pada 23 Desember 2022.

Hal itu supaya klub-klub lebih lempang untuk melepas pemainnya ke timnas Indonesia.

“Target kami 22 Desember 2022 selesai putaran pertama. Itu bagian dari asa kami untuk membantu timnas bisa benar-benar leluasa. Teman-teman klub sudah sepakat tidak menghalangi pemain mereka ke timnas. Untuk awal putaran kedua, kami belum mendapatkan jadwal pas, tetapi yang pasti pada awal atau pertengahan Januari 2023,” tutur Ferry.

Untuk menyelaraskan semua rencana terkait lanjutan Liga 1, Ferry Paulus menyebut bahwa LIB akan menghadiri rapat koordinasi yang digelar pada Senin (28/11/2022) di Gedung Kemenpora, Jakarta.(ant/dfn/ipg)

Berita Terkait

Potret NetterSelengkapnya

Motor Tabrak Pikap di Jalur Mobil Suramadu

Mobil Tertimpa Pohon di Darmo Harapan

Pagi-Pagi Terjebak Macet di Simpang PBI

Surabaya
Jumat, 19 April 2024
30o
Kurs