Kamis, 25 April 2024

Menpora Akan Berdiskusi dengan Kapolri soal Izin Keramaian Liga 1

Laporan oleh Billy Patoppoi
Bagikan
Zainudin Amali Menteri Pemuda dan Olahraga (Menpora). Foto: dok./Farid suarasurabaya.net

Zainudin Amali Menteri Pemuda dan Olahraga (Menpora) akan berdiskusi dengan Jenderal Polisi Listyo Sigit Prabowo Kapolri, soal pemberian izin keramaian agar Liga 1 Indonesia 2022/23 dapat dilanjutkan.

“Saya akan berdiskusi dengan Kapolri, karena Polri-lah yang mempunyai kewenangan untuk mengeluarkan izin keramaian,” ujar Menpora usai pertemuan dengan operator kompetisi PT Liga Indonesia Baru (LIB) di Gedung Kemenpora, Jakarta, Jumat (18/11/2022) dilansir Antara.

Amali mengatakan, akan membawa hasil pertemuan dengan LIB tersebut saat berbincang dengan Kapolri. Salah satunya adalah mengenai pentingnya liga, baik Liga 1, 2 maupun 3, bergulir kembali demi kepentingan tim nasional Indonesia.

Kompetisi dinilai perlu bergulir agar para pemain nasional terbaik dapat terus mengasah kemampuannya. Apalagi, Indonesia akan berpartisipasi pada banyak turnamen besar seperti Piala AFF 2022, Piala Asia 2023, Piala Asia U-20 2023 dan, tentu saja, Piala Dunia U-20 2023.

“Pemerintah sangat memahami apa yang disampaikan oleh LIB. Shin Tae-yong Pelatih tim nasional Indonesia (juga) ingin para pemain terjaga performanya. Kami akan mengusahakan bagaimana kompetisi ini bisa berjalan kembali tentu dengan perubahan-perubahan yang mendasar,” kata Menpora.

Sementara Ferry Paulus Direktur Utama PT LIB menegaskan bahwa pihaknya bergerak cepat demi melanjutkan kembali Liga 1, yang terhenti sejak awal Oktober 2022 setelah terjadinya tragedi Stadion Kanjuruhan, Malang.

LIB, kata Ferry, sudah membuat beberapa simulasi terkait lanjutan Liga 1 meski sampai saat ini belum dapat dipastikan kapan kompetisi itu bergulir lagi.

Belum ditentukan pula format Liga 1 apakah kandang-tandang seperti biasa atau kembali ke gelembung (bubble) seperti pada musim 2021-2022. Semua itu bergantung pada lampu hijau dari pemerintah.

“Dimulainya kembali liga berhubungan dengan beberapa hal termasuk regulasi keamanan stadion, sehingga diperlukan pendalaman serius dan ketat,” tutur Ferry.

Sebelumnya, LIB sempat menyatakan bahwa mereka mempunyai tiga rencana tanggal dilangsungkannya kembali Liga 1 yaitu 18 November, 25 November dan 2 Desember 2022.

Namun, seiring waktu, LIB lebih condong memilih 2 Desember 2022 sebagai tanggal pelaksanaan kembali Liga 1 Indonesia 2022-2023, dengan catatan semuanya bergantung pada izin dari pemerintah. (ant/bil)

Berita Terkait

Potret NetterSelengkapnya

Motor Tabrak Pikap di Jalur Mobil Suramadu

Mobil Tertimpa Pohon di Darmo Harapan

Pagi-Pagi Terjebak Macet di Simpang PBI

Surabaya
Kamis, 25 April 2024
26o
Kurs