Selasa, 23 April 2024

Mengungkap Fakta Baru Soal Tahun Kelahiran Persebaya

Laporan oleh Retha Yuniar
Bagikan

Feri Widyatama, mantan pemain sepak bola Blitar United menemukan fakta sejarah bahwa SIVB (Soerabajasche Indonesische Voetbalbond) cikal bakal dari Persebaya sudah ada sejak tahun 1923 bukan 1927. Sehingga tidak menutup kemungkinan, usianya lebih dari 95 tahun seperti yang ramai dirayakan para bonek pada Sabtu lalu, (18/6/2022)

“Saya menemukan salah satu artikel terbitan November 1923, dari koran Sport Hindia yang saya temukan di Perpusnas Jakarta itu sudah menyebut SIVB. Berarti kan sudah ada,” ujar lulusan strata-1 Universitas negeri Surabaya pada suarasurabaya.net, Minggu (19/6/2022).

SIVB (Soerabajasche Indonesische Voetbalbond) merupakan grup bola pertama yang dibentuk oleh pribumi Surabaya. Kala itu dibentuk oleh tim Bumi Putera untuk membuktikan bahwa masyarakat pribumi juga mampu bermain sepak bola.

Sesuai AD ART tahun 1952, SIVB dipercaya lahir sejak 18 Juni 1927.

“Kalau AD ART kan sumber sekunder. Sedangkan artikel koran yang terbit di masa itu termasuk sumber primer,” ujarnya menambahkan.

Penggalan koran Sport Hindia pada November 1923. Foto: Istimewa

Selain itu, pria kelahiran 6 Maret 1994 ini juga mengemukakan bahwa dirinya menemukan artikel pembentukan SIVB baru pada tahun 1925.

“Artikel lain menyebut SIVB ‘baru’ dibentuk oleh Tuan Soeroto. Sekaligus membubarkan SIVB lama yang sudah ada di tahun 1923 karena ada bersitegang antara klub internal SIVB lama Bumi Putera,” ungkapnya.

Feri yang menjuluki diri sebagai pengepul sejarah, masih ingin melengkapi puzzle -puzzle pengetahuannya tentang sejarah Persebaya.

“Untuk ke depannya, apakah temuan ini akan mengubah sejarah kelahiran Persebaya atau tidak, itu terserah para dewan dan petinggi yang berwenang. Saya hanya akan menuliskan temuan ini ke dalam sebuah buku,” katanya.

Feri mengatakan calon buku ketiganya ini akan segera dirilis.

“Sebelumnya saya sudah menerbitkan buku VVB Solo Untuk Indonesia Merdeka dan Dinamika sepak bola di Semarang : Dari VIS sampai PSIS 1930 – 1942,” kata dia.

Feri ingin melengkapi pengetahuan terkait sejarah bola di setiap pembabakan sejarah.

“Untuk awal mungkin lebih fokus di pembabakan zaman kolonial tahun 1920 – 1943. Untuk menggali akar sejarah sepak bola di Surabaya,” imbuhnya.

Lalu, kata dia, sesuai hasil Kongres keputusan PSSI yang termuat dalam De Indische Courant edisi 20 Mei 1938, SIVB mulai berganti nama menjadi Persibaja (Persatoean Sepakraga Indonesia Soerabaja),karena seluruh bond (anggota) klub PSSI untuk tidak lagi diijinkan memakai nama berbau Belanda.

“Setelah Indonesia Merdeka pada tahun 1960, akhirnya Persibaja mulai berganti jadi Persebaja,” tambah dia.

Sejak berdirinya, SIVB ber-home base di Lapangan Pasar Turi.

“Tapi sampai sekarang kita semua masih belum tahu persis lokasi lapangan Pasar Turi itu ada dimana. Ada yang bilang di bekas Pasar Turi PGS, ada yang bilang di Jalan Gresik,” pungkasnya. (tha/iss)

Berita Terkait

HUT ke-95, Persebaya Akan Rebranding

Bonek Selalu Ada untuk Persebaya


Potret NetterSelengkapnya

Motor Tabrak Pikap di Jalur Mobil Suramadu

Mobil Tertimpa Pohon di Darmo Harapan

Pagi-Pagi Terjebak Macet di Simpang PBI

Surabaya
Selasa, 23 April 2024
30o
Kurs