Selasa, 23 April 2024

Menpora Cari Kepastian Kapan Liga Bergulir Lagi

Laporan oleh Risky Pratama
Bagikan
Zainudin Amali Menpora memberikan keterangan di Istana Kepresidenan Jakarta, Selasa (11/10/2022). Foto: Farid suarasurabaya.net

Zainudin Amali Menteri Pemuda dan Olahraga (Menpora) mengaku masih menjalin komunikasi dengan berbagai pihak guna mencari kepastian kapan liga-liga sepak bola profesional bisa bergulir lagi setelah ditangguhkan akibat Tragedi Kanjuruhan.

“Saya komunikasi untuk bagaimana klub-klub mendapatkan kepastian kapan liga ini akan kembali bergulir, mereka menunggu itu,” ucapnya di Jakarta saat dilansir dari Antara, Selasa (11/10/2022).

Menpora menilai kepastian itu sudah sewajarnya didapatkan oleh para klub, mengingat mereka setiap harinya juga masih mengeluarkan biaya operasional.

“Klub kan juga mengeluarkan biaya setiap harinya, menggaji pemain, pelatih, dan sebagainya. Itu harus kita beri kepastian,” ujarnya.

Penghentian sementara kompetisi sepak bola profesional Liga 1, 2, dan 3 merupakan hasil rapat perdana Tim Gabungan Independen Pencari Fakta (TGIPF) Tragedi Kanjuruhan pada Selasa (4/10/2022), di mana Menpora duduk sebagai Wakil Ketua tim tersebut.

Sebelumnya, PT Liga Indonesia Baru (LIB) selaku operator Liga 1 dan 2 mengeluarkan surat tertanggal 3 Oktober 2022 yang menyatakan Liga 1 dihentikan sampai batas waktu yang tidak ditentukan, sedangkan Liga 2 ditangguhkan selama dua pekan sejak surat dikeluarkan.

PSSI belum mengeluarkan pernyataan resmi terkait rekomendasi hasil rapat perdana TGIPF Tragedi Kanjuruhan.

Kendati demikian, sejumlah Asosiasi Provinsi/Kota/Kabupaten PSSI telah mengambil inisiatif mengikuti arahan TGIPF terkait penghentian kompetisi sepak bola profesional. Misalnya, Asosiasi Provinsi (Asprov) PSSI Jawa Timur menghentikan aktivitas Liga 3 Jawa Timur dan Piala Soeratin yang berlangsung di tingkat Asosiasi Kota/Kabupaten di Jatim.

Sejumlah klub telah menyuarakan permintaan adanya kepastian tentang kelanjutan kompetisi profesional, salah satunya Semen Padang FC.

Win Bernardino CEO klub Grup Barat Liga 2 Indonesia menegaskan, pihaknya butuh kepastian jadwal, sebab mereka sejauh ini baru menerima surat resmi penangguhan kompetisi berdasarkan surat LIB. (ant/rum/ris/ipg)

Berita Terkait

Potret NetterSelengkapnya

Motor Tabrak Pikap di Jalur Mobil Suramadu

Mobil Tertimpa Pohon di Darmo Harapan

Pagi-Pagi Terjebak Macet di Simpang PBI

Surabaya
Selasa, 23 April 2024
27o
Kurs