Senin, 29 April 2024

Pelari Kenya Juarai Lomba Lari “Jatim Run for Heroes 2022”

Laporan oleh Ika Suryani Syarief
Bagikan
Suasana garis start lomba lari 10 KM pada even 'Jatim Run for Heroes 2022' di Surabaya, Minggu (13/11/2022). Foto: Biro Adpim Jatim

James dan Christine pelari asal Kenya masing-masing menjuarai kategori putra dan putri jarak 10 kilometer dalam lomba lari ‘Jatim Run for Heroes 2022’ yang berlangsung di Kota Surabaya, Minggu (13/11/2022).

Dilansir dari Antara, Khofifah Indar Parawansa Gubernur Jawa Timur mengungkapkan lomba lari yang juga menyediakan rute 5 kilometer ini diikuti sekitar 2 ribu pelari dari berbagai daerah se-Indonesia maupun mancanegara, salah satunya didominasi oleh para pelari asal Kenya.

“Kegiatan lomba lari ini sangat spesial, sebab ada tiga momen sekaligus yang tengah diperingati yakni gabungan perayaan Hari Jadi Provinsi Jatim ke-77, HUT Korps Marinir Angkatan Laut ke-77 dan HUT Kemerdekaan RI ke-77,” tuturnya.

Menurut Khofifah, angka 77 di ketiga perayaan tersebut sarat makna, di mana angka 7 dalam bahasa Jawa disebut ‘Pitu’ dan memiliki makna ‘pitulungan’ atau pertolongan.

“Dua angka tujuh di dalamnya berarti banyak pertolongan. Mudah-mudahan Allah selalu memberi pertolongan kepada kita semua untuk bisa pulih lebih cepat dan bangkit lebih kuat,” ujarnya.

Pertolongan yang dimaksud juga termasuk dalam upaya untuk membangun persatuan, persahabatan dan persaudaraan di Bumi Majapahit dan Indonesia pada umumnya.

Sejalan dengan semboyan ‘Optimis Jatim Bangkit’, Khofifah berharap hal tersebut juga bisa menjadi dasar penguatan dalam setiap evennya.

“Semoga Allah juga memberi kita pitulungan untuk membangun persatuan, persahabatan dan persaudaraan. Even apapun akan menjadi kekuatan untuk itu,” ucapnya.

Gubernur Jatim itu menambahkan, bahwa semangat membangun persaudaraan tercermin pada juara lomba lari yang berasal dari luar Jawa Timur.

“Baik juara lomba lari putra dan putri, keduanya berasal dari Kenya, yaitu James dan Christine. Hal ini menandakan bahwa melalui olahraga, Jawa Timur sangat terbuka untuk membangun spirit persaudaraan bersama warga dari dalam maupun luar Jatim,” pungkasnya.(ant/rum/iss)

Berita Terkait

Potret NetterSelengkapnya

Motor Tabrak Pikap di Jalur Mobil Suramadu

Mobil Tertimpa Pohon di Darmo Harapan

Pagi-Pagi Terjebak Macet di Simpang PBI

Surabaya
Senin, 29 April 2024
27o
Kurs