Minggu, 5 Mei 2024

Pemerintah akan Mengaudit Kelayakan Stadion Sepak Bola Termasuk Kanjuruhan

Laporan oleh Farid Kusuma
Bagikan
Zainudin Amali Menpora memberikan keterangan di Istana Kepresidenan Jakarta, Selasa (11/10/2022). Foto: Farid suarasurabaya.net

Zainudin Amali Menteri Pemuda dan Olahraga (Menpora) mengatakan, pihaknya bersama Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR), akan mengaudit Stadion Kanjuruhan yang ada di Kabupaten Malang, Jawa Timur.

Menurutnya, Tim Pemerintah juga akan memeriksa kelayakan sejumlah stadion di Indonesia yang bisa menampung banyak penonton.

Hal itu merupakan tindak lanjut arahan Joko Widodo Presiden, sesudah menerima surat berisi rekomendasi dari federasi sepak bola dunia (FIFA) untuk perbaikan sepak bola Tanah Air.

“Dalam waktu dekat, saya sudah menjadwalkan ke Stadion Kanjuruhan lagi bersama Menteri PUPR, dan ke beberapa stadion yang banyak penontonnya. Itu yang kami prioritaskan untuk audit bersama Menteri PU,” ujar Menpora, Selasa (11/10/2022) sore, usai Rapat Kabinet Paripurna, di Istana Kepresidenan, Jakarta.

Seperti diketahui, Pemerintah Indonesia dan FIFA bersepakat membentuk tim transformasi sepak bola Indonesia, pascatragedi Kanjuruhan.

Dalam keterangan pers, Jumat (7/10/2022) malam, di Istana Merdeka, Jakarta, Jokowi Presiden memaparkan ada sejumlah agenda kolaborasi yang akan dijalankan.

Antara lain, membangun standar keamanan stadion di seluruh Indonesia.

Kemudian, memformulasikan protokol dan prosedur pengamanan pihak kepolisian berdasarkan standar keamanan internasional.

Berikutnya, melakukan sosialisasi dan diskusi dengan klub-klub bola di Indonesia dan perwakilan suporter, untuk mendapatkan saran, masukan serta komitmen bersama.

Lalu, mengatur jadwal pertandingan yang memperhitungkan potensi risiko, dan menghadirkan para ahli di bidangnya untuk melakukan pendampingan.(rid/ipg)

Berita Terkait

..
Potret NetterSelengkapnya

Massa Hari Buruh Berkumpul di Frontage Ahmad Yani

Motor Tabrak Pikap di Jalur Mobil Suramadu

Mobil Tertimpa Pohon di Darmo Harapan

Surabaya
Minggu, 5 Mei 2024
32o
Kurs