Jumat, 29 Maret 2024

PSSI dan Kemenpora Luncurkan Maskot Piala Dunia U-20 2023

Laporan oleh Dhafintya Noorca
Bagikan
Peluncuran Bacuya maskot Piala Dunia U-20 2023 di CFD Bundaran Hotel Indonesia Jakarta, Minggu (18/9/2022). Foto: PSSI

PSSI dan Kementerian Pemuda Olah Raga (Kemenpora) meluncurkan maskot Piala Dunia U-20 tahun 2023 yaitu Bacuya (Badak Cula Cahaya), di Bundaran Hotel Indonesia, Minggu (18/9/2022) berbarengan dengan kegiatan Car Free Day (CFD) Jakarta.

Hadir dalam acara tersebut, Zainudin Amali Menteri Pemuda dan Olahraga, Mochamad Iriawan Ketua Umum PSSI, serta hadir pula utusan perwakilan dari FIFA, Jaime Yarza sebagai FIFA Tournament Director dan Christian Schmolzer sebagai FIFA U-20 Project Lead.

Maskot Piala Dunia FIFA U-20 tahun 2023 bernama Bacuya (Badak Cula Cahaya) yang terinsipirasi dari Badak Jawa bercula satu, hewan asli dari Indonesia yang diibaratkan bila bermain sepak bola bersama anak-anak, Bacuya akan gembira dan culanya akan menyala semakin terang.

“Hari ini, maskot Piala Dunia U-20 2023 telah resmi diluncurkan. Namanya yaitu Bacuya, Badak Cula Cahaya. Saya juga ucapkan selamat datang dan terima kasih kepada delegasi FIFA, karena sudah memilih Indonesia sebagai tuan rumah Piala Dunia FIFA U-20 yang sebelumnya akan dilaksanakan tahun 2021, karena pandemi, dimundurkan menjadi tahun 2023, terima kasih,” kata Mochamad Iriawan dalam kesempatan tersebut, mengutip laman resmi PSSI.

Dalam peluncuran maskot tersebut diramaikan permainan drum band yang turut mengiringi pawai maskot Piala Dunia U-20 2023 dengan alunan musik khas daerah Indonesia sehingga sepanjang ruas CFD dipadati para pejalan kaki.

“Hari ini saya dan kita semua telah melihat maskot untuk Piala Dunia U-20 tahun 2023 yang bernama Bacuya, saya berharap kita semua bisa menyukseskan gelaran ini, agar FIFA semakin yakin dan percaya Indonesia akan menjadi tuan rumah yang baik, mungkin saja nanti Piala Dunia Senior akan diselenggarakan di sini, karena menurut survei sekitar 70 persen masyarakat Indonesia menyukai sepak bola dan sangat antusias dengan olah raga ini,” kata Zainudin Amali.

Sementara itu, perwakilan FIFA mengatakan, “Ini akan menjadi kompetisi FIFA pertama yang berlangsung di Indonesia, peluncuran logo resmi merupakan tonggak sejarah yang menarik dalam perjalanan ini,” ujar Jaime Yarza.(dfn/iss)

Berita Terkait

Potret NetterSelengkapnya

Kecelakaan Mobil Porsche Seruduk Livina di Tol Porong

Mobil Tertimpa Pohon di Darmo Harapan

Pagi-Pagi Terjebak Macet di Simpang PBI

Surabaya
Jumat, 29 Maret 2024
32o
Kurs