Rabu, 6 Juli 2022

Real Madrid Jawara Liga Champions Musim 2021/2022

Laporan oleh Farid Kusuma
Bagikan
Para pemain Real Madrid melakukan selebrasi usai meraih gelar juara Liga Champions Eropa 2021/2022. Di partai final yang berlangsung di Stade de France, Paris, Prancis, Minggu (29/5/2022), El Real menang 1-0 atas Liverpool. Foto: realmadrid.com

Gol semata wayang Vinicius Junior memastikan kemenangan Real Madrid atas Liverpool dalam partai Final Liga Champions yang berlangsung di Stade de France, Paris, Prancis, Minggu (29/5/2022) dini hari WIB.

Kemenangan tersebut menambah rekor Madrid sebagai klub paling banyak mengoleksi gelar juara Liga Champions Eropa, dengan 14 kali mencatatkan namanya di ‘Piala Si Kuping Besar’.

Berdasarkan data statistik pertandingan, The Reds lebih unggul penguasan bola ketimbang El Real dengan 54 persen berbanding 46 persen.

Dari sisi peluang, tim besutan Juergen Klopp juga lebih banyak. Tercatat 24 kali Mohamed Salah dkk mengancam, sembilan di antaranya mengarah ke gawang lawan.

Sayangnya, dari sekian banyak kesempatan itu, tidak ada yang berbuah gol.

Sedangkan Madrid yang tercatat cuma punya empat peluang, dua mengarah ke gawang, dan berhasil mencetak satu gol yang menentukan kemenangan.

Peluang pertama Liverpool didapat di menit ke-16. Mohamed Salah melepaskan tembakan memanfaatkan umpan datar Trent Alexander-Arnold. Tapi, bola hasil sepakan itu masih bisa ditepis Thibaut Courtois Kiper Madrid.

Lima menit kemudian, The Reds kembali mengancam lewat aksi Sadio Mane. Namun, kiper El Real berkebangsaan Belgia masih mampu membendungnya.

Memasuki menit ke-42, Karim Benzema berhasil membobol gawang Liverpool. Tapi, wasit menganulir gol tersebut karena dari pantauan rekaman sistem VAR, Benzema terlihat offiside sebelum menceploskan bola ke gawang yang dijaga Alisson Becker.

Babak pertama pun berakhir imbang tanpa gol.

Di babak kedua, kedua tim sama-sama meningkatkan agresivitas dan tempo permainan.

Memasuki menit ke-59, Los Blancos mampu memecah kebuntuan dengan mencetak gol lewat aksi Vinicius Junior.

Winger berkebangsaan Brasil itu berhasil menyambut umpan silang mendatar Federico Valverde dengan sepakan dari dalam area kotak penalti. Skor 1-0 untuk keunggulan Madrid.

Tertinggal satu gol, Liverpool coba meningkatkan serangan. Pada menit ke-65, Mohamed Salah hampir menyamakan skor lewat tembakan dari luar kotak penalti. Tapi, bola lagi-lagi masih bisa ditepis Courtois.

Begitu laga menyisakan 10 menit waktu normal, Courtois kembali menggagalkan dua peluang emas masing-masing dari Diogo Jota dan Mohamed Salah.

Di masa injury time, menit ke-91, Madrid hampir menggandakan keunggulan lewat aksi Dani Ceballos yang sudah berhadapan dengan Alisson Becker Kiper Liverpool. Tapi, bek klub asal Inggris tersebut mampu merebut bola dan mengamankan gawangnya.

Sampai peluit panjang tanda pertandingan bubar dibunyikan wasit, tidak ada gol tambahan dari kedua kesebelasan. Dengan hasil itu, Real Madrid menjadi pemenang dan berhak atas titel juara Liga Champions musim 2021/2022.

Susunan pemain Liverpool vs Real Madrid di Final Liga Champions, Minggu (29/5/2022):

Liverpool XI (4-3-3): Alisson Becker; Trent Alexander-Arnold, Ibrahima Konate, Virgil Van Dijk, Andrew Robertson; Fabinho, Jordan Henderson, Thiago Alcantara; Mohamed Salah, Luis Diaz, Sadio Mane.

Real Madrid XI (4-3-3): Thibaut Courtois; Dani Carvajal, Eder Militao, David Alaba, Ferland Mendy; Casemiro, Toni Kroos, Luka Modric; Federico Valverde, Vinicius Junior, Karim Benzema.(rid)

Berita Terkait

Surabaya
Rabu, 6 Juli 2022
27o
Kurs