Rabu, 24 April 2024

Southgate: Sekarang Timnas Inggris Sudah Lebih Baik Dari Piala Dunia 2018

Laporan oleh Billy Patoppoi
Bagikan
Para pemain Timnas Inggris merayakan gol yang dicetak Marcus Rashford Striker dalam laga melawan Wales di Piala Dunia 2022 Qatar, Rabu (30/11/2022). Foto: Reuters

Gareth Southgate mengatakan tim nasional Inggris akan menjalani babak gugur Piala Dunia 2022 di Qatar dalam kondisi yang lebih baik, dan keyakinan yang lebih tinggi daripada saat mereka tampil pada edisi 2018 di Rusia.

Inggris melaju ke babak 16 besar sebagai juara Grup B setelah membuat kejutan pada babak kedua pertandingan melawan Wales, yang berujung kemenangan 3-0 di Doha, Selasa (29/11/2022).

Melansir Antara, tiga gol itu diciptakan masing-masing Marcus Rashford dua gol dan Phil Foden satu gol, untuk membawa The Three Lion bertemu dengan Senegal pada 16 besar, Minggu (4/12/2022) mendatang.

Setelah mencapai babak gugur sebagai runner-up grup di bawah Belgia pada empat tahun lalu di Rusia, Southgate yakin Inggris kali ini lebih siap tarung dan percaya diri.

“Saya rasa ada mentalitas yang berbeda. Keyakinan yang lebih tinggi. Tujuan kami berbeda. Di Rusia, kami hanya berpikir, ‘Apakah kita bisa memenangi laga babak gugur?’. Sekarang ada kepercayaan diri lebih tinggi dan pengalaman yang lebih dalam menjalani pertandingan babak gugur,” kata Southgate dikutip AFP, Rabu (30/11/2022).

Inggris mengakhiri rentetan kegagalan mereka dalam babak gugur turnamen besar, ketika mengalahkan Kolombia lewat adu penalti pada babak 16 besar di Rusia, sebelum tunduk kepada Kroasia pada babak empat besar.

Momen tersebut adalah yang terbaik bagi The Three Lions setelah bertahun-tahun tampil lesu sebelum diambil alih kepelatihannya oleh Southgate mengambil pada 2016. Hasilnya, Inggris finis sebagai runner-up Euro pada tahun lalu.

Suasana hati di antara para pemain timnas Inggris juga sedang bagus, seperti terlihat saat mereka tertawa dan bercanda dengan keluarga mereka di tribun Stadion Ahmad bin Ali setelah menyingkirkan Wales 6-2.

“Kami sangat senang tujuan pertama ini tercapai. Tim dalam semangat yang baik. Kami memainkan sebagian besar tim di lapangan, yang sangat bagus untuk dinamikanya. Hingga titik ini kami sangat senang, tentunya, tugas besarnya benar-benar mulai dari sekarang,” kata Southgate.

Skuad Southgate akan bekerja keras untuk dapat mengangkat trofi mayor pertama mereka sejak Booby Moore menjunjung trofi Piala Dunia 1966 silam bagi Inggris. (ant/bil/ipg)

Berita Terkait

Potret NetterSelengkapnya

Motor Tabrak Pikap di Jalur Mobil Suramadu

Mobil Tertimpa Pohon di Darmo Harapan

Pagi-Pagi Terjebak Macet di Simpang PBI

Surabaya
Rabu, 24 April 2024
27o
Kurs