Minggu, 25 September 2022

Suporter yang Menerobos Lapangan Pertandingan Dilarang Nonton Liga Primer Inggris di Stadion Selama Setahun

Laporan oleh Billy Patoppoi
Bagikan
penonton yang berlari ke dalam lapapan menarik jersey pesepak bola Manchester United Cristiano Ronaldo saat laga Liga Champions Grup F melawan Atalanta di Old Trafford, Manchester, Inggris (20/10/2021). Foto: Antara

Suporter sepak bola yang menerobos ke lapangan pada waktu berjalannya pertandingan akan dilarang menyaksikan langsung pertandingan Liga Primer Inggris dari dalam stadion.

Klub-klub Liga Primer Inggris setuju menerapkan larangan kepada suporter yang menerobos ke lapangan minimal selama satu tahun untuk pertandingan kandang dan tandang tim kesayangannya.

Seperti dilansir Antara, Kamis (22/9/2022), suporter yang dinyatakan bersalah memasuki lapangan tanpa izin atau menggunakan bom asap dan kembang api lainnya otomatis mendapat sanksi larangan menonton langsung selama 12 bulan.

Larangan juga diperluas kepada orang tua atau wali yang mendampingi anak-anak menonton laga sepak bola kalau si anak membuat kekacauan di dalam stadion.

Menanggapi invasi penonton ke lapangan pertandingan Liga Primer dan liga-liga lebih rendah musim lalu, klub-klub papan atas Inggris melakukan pertemuan di London, Rabu (21/9/2022), untuk menemukan solusinya.

Sesudah mencapai kesepakatan, kebijakan tersebut akan mulai diberlakukan pada pertandingan Liga Primer Inggris tanggal 1 dan 2 Oktober 2022.

“Rapat Pemegang Saham Liga Premier dan klub-klub dengan suara bulat setuju menerapkan larangan panjang minimum kepada suporter yang mengambil bagian dalam perilaku antisosial dan kriminal di stadion-stadion,” kata pihak Liga Primer seperti dikutip AFP.

Suporter yang ketahuan membawa atau menyalakan kembang api, bom asap, dan memasuki lapangan tanpa izin akan otomatis dilarang klubnya untuk jangka waktu minimal satu tahun.

Sebelumnya, Patrick Vieira Manajer Crystal Palace dilabrak seorang pendukung Everton setelah terpancing para penggemar yang berlarian ke lapangan usai tim mereka menang di Goodison Park musim lalu.

Kejadian suporter memenuhi lapangan setelah Nottingham Forest mengalahkan Sheffield United dalam babak playoff juga terjadi pada bulan Mei lalu.

Billy Sharp Striker Blades bahkan dipukul seorang penggemar Forest yang kemudian dibui selama 24 pekan dan dilarang masuk stadion selama 10 tahun.

Februari lalu, seorang pendukung Leicester City berlari ke lapangan dan berusaha meninju pemain Nottingham Forest dalam pertandingan Piala FA.(ant/des/rid)

Berita Terkait

Potret NetterSelengkapnya

Truk Terguling di Raya Kedamean Gresik

Truk Mogok di Mastrip arah Kedurus

Mobil Terbalik di Merr Surabaya

Langit Sore di Grand Pakuwon

Surabaya
Minggu, 25 September 2022
28o
Kurs