Jumat, 19 April 2024

Susunan Pemain Bulu Tangkis Indonesia di Final Piala Thomas 2022

Laporan oleh Dhafintya Noorca
Bagikan
Mohammad Ahsan/Kevin Sanjaya berhasil mengalahkan Liu Yu Chen/Ou Xuan Yi wakil China di babak perempat final Piala Thomas yang digelar Kamis (12/5/2022). Foto: Badminton Photo

Timnas Bulu Tangkis Indonesia menurunkan formasi terbaik untuk mempertahankan gelar juara Piala Thomas, pada babak final kontra India yang akan berlangsung di Impact Arena Bangkok, Thailand, Minggu (15/5/2022), mulai pukul 13.00 WIB.

Indonesia tetap memakai formasi seperti waktu membantai China di babak perempat final, dan mengalahkan Jepang di babak semifinal, hari Jumat (13/5/2022) pekan lalu.

Anthony Sinisuka Ginting yang dipercaya sebagai tunggal pertama akan menghadapi Lakshya Sen.

Berdasarkan catatan BWF di laman resminya, pertemuan perdana kedua pemain yang terjadi di German Open bulan Maret tak berakhir baik bagi Indonesia.

Saat itu Ginting harus mengakui keunggulan Sen yang sekarang menempati peringkat sembilan dunia.

Mohammad Ahsan/Kevin Sanjaya Sukamuljo ganda putra pertama akan melawan Satwiksairaj Rankireddy/Chirag Shetty. Kedua pasangan juga pernah bersua pada ajang penyisihan grup Kejuaraan Beregu Asia 2018.

Di pertemuan itu, Ahsan/Kevin kalah lewat rubber game. Meski begitu, penampilan pasangan Ahsan/Kevin saat melawan China dan Jepang menunjukkan tren positif dan tampil solid.

Partai tunggal kedua, Jonatan Christie yang jadi penentu Indonesia keluar dari perempat final saat melawan China, akan bertemu peringkat ke-11 Kidambi Srikanth.

Dalam catatan BWF, dari sembilan pertemuan mereka, Jonatan sudah mengamankan lima kemenangan di antaranya. Termasuk dua kemenangan terakhir yang terjadi pada Swiss Open dan Korea Open tahun ini.

Lalu di partai ganda kedua, Fajar Alfian/Muhammad Rian Ardianto bertemu pasangan M.R. Arjun/Dhruv Kapila.

Catatan pertemuan Fajar/Rian atas Arjun/Kapila juga sangat baik, dengan skor 3-0 yang didapat dari Denmark Open 2021, Swiss Open 2022, dan Kejuaraan Beregu Asia 2022.

Di partai terakhir, Shesar Hiren Rhustavito akan menjadi penentu nasib Indonesia seandainya partai terakhir dimainkan.

H.S. Prannoy yang akan jadi lawan pebulu tangkis asal Sukoharjo, Jawa Tengah punya catatan keunggulan 0-2 dari dua kali pertemuan.

Tapi, kedua kemenangan Prannoy didapat dari turnamen yang sudah cukup lama yaitu India Grand Prix 2010 dan New Zealand Open 2017.

Berikut susunan pemain Indonesia vs India di babak final Piala Thomas 2022, mengutip Antara:
1. Tunggal putra
Anthony Sinisuka Ginting vs Lakshya Sen

2. Ganda putra
Mohammad Ahsan/Kevin Sanjaya Sukamuljo vs Satwiksairaj Rankireddy/Chirag Shetty

3. Tunggal putra
Jonatan Christie vs Kidambi Srikanth

4. Ganda putra
Fajar Alfian/Muhammad Rian Ardianto vs M.R. Arjun/Dhruv Kapila

5. Tunggal putra
Shesar Hiren Rhustavito vs H.S. Prannoy.(ant/dfn/rid)

Berita Terkait

Potret NetterSelengkapnya

Motor Tabrak Pikap di Jalur Mobil Suramadu

Mobil Tertimpa Pohon di Darmo Harapan

Pagi-Pagi Terjebak Macet di Simpang PBI

Surabaya
Jumat, 19 April 2024
29o
Kurs