Sabtu, 4 Mei 2024

Timnas Indonesia-Thailand Sesalkan Perusakan Bus oleh Suporter

Laporan oleh Billy Patoppoi
Bagikan
Sejumlah suporter Timnas Indonesia membentangkan poster saat pertandingan sepak bola Grup A Piala AFF 2022 melawan Thailand di Stadion Utama Gelora Bung Karno (SUGBK), Jakarta, Kamis (29/12/2022). Foto: Antara

Shin Tae-yong pelatih tim nasional Indonesia dan Alexandre Polking juru taktik timnas Thailand menyesalkan perusakan bus timnas Thailand oleh suporter skuad “Garuda” sebelum laga kedua kesebelasan di Grup A Piala AFF 2022, Kamis (29/12/2022).

Suporter seharusnya menghargai lawan. Kalau kita menerima sanksi dari FIFA akibat hal ini, kita bisa saja bertanding tanpa penonton di stadion,” ujar Shin Tae-yong usai pertandingan di Stadion Utama Gelora Bung Karno (SUGBK), Jakarta, seperti dikutip Antara.

Pelatih asal Korea Selatan itu meminta para pendukung atau suporter Indonesia tidak mengulangi tindakan serupa. Sebab, bukan tidak mungkin sikap itu dapat diterima suporter Indonesia ketika bertandang ke negara lawan.

Sementara itu, Alexandre Polking pelatih timnas Thailand mendesak panitia pelaksana pertandingan di Indonesia agar memerhatikan lebih pengamanan saat menggelar pertandingan internasional.

Dia mengatakan, apa yang dialami oleh timnya seharusnya dapat diantisipasi sejak awal.

“Semua orang mengetahui bahwa bus akan melewati jalan itu. Ada mobil polisi di depan tapi ribuan suporter sudah menunggu kami. Ini tidak bagus,” tutur Mano sapaan akrabnya.

Meski demikian, Mano tidak menjadikan alasan yang dialami oleh skuadnya sebelum pertandingan sebagai hasil seri 1-1 saat melawan Indonesia.

Diketahui, pendukung Indonesia menyerang bus yang ditumpangi pemain, pelatih serta ofisial Thailand beberapa saat sebelum memasuki SUGBK. Peristiwa tersebut mengakibatkan kaca jendela retak.

Pertandingan Indonesia kontra Thailand memperoleh hasil imbang 1-1 pada laga Grup A Piala AFF 2022 di Stadion Utama Gelora Bung Karno (SUGBK), Jakarta, Kamis (29/12/2022).

Hasil tersebut membuat Indonesia berada di posisi kedua Grup A dengan tujuh poin dari tiga laga (selisih gol +8). Sedangkan, Thailand masih menduduki puncak klasemen dengan tujuh poin dari tiga laga tetapi unggul selisih gol (+9).

Kamboja menguntit dari peringkat ketiga dengan enam poin (tiga laga, selisih gol +4), lalu di bawahnya bertengger Filipina dengan tiga poin dari tiga laga (selisih gol -1) dan Brunei Darussalam di dasar klasemen dengan nol poin dari empat laga (selisih gol -20).

Indonesia akan menyegel slot di semifinal jika bertahan imbang atau menang atas tuan rumah Filipina pada laga terakhirnya di Grup A, Senin (2/1/2023) di Stadion Rizal Memorial, Manila.

Untuk menjadi juara grup, Indonesia harus menang besar dengan selisih gol melampaui Thailand pada pertandingan pamungkasnya yang melawan Kamboja pada hari yang sama.(ant/tik/ipg)

Berita Terkait

..
Potret NetterSelengkapnya

Massa Hari Buruh Berkumpul di Frontage Ahmad Yani

Motor Tabrak Pikap di Jalur Mobil Suramadu

Mobil Tertimpa Pohon di Darmo Harapan

Surabaya
Sabtu, 4 Mei 2024
25o
Kurs