Jumat, 29 Maret 2024

Timnas U-23 Lolos ke Semifinal Sea Games Vietnam

Laporan oleh Billy Patoppoi
Bagikan
Selebrasi Eggy Maulana Vikri setelah membobol gawang Myanmar dalam laga pamungkas Grup A Sea Games Vietnam, Minggu (15/5/2022). Foto: Instagram PSSI

Tim nasional U-23 Indonesia memastikan diri lolos ke semifinal sepak bola putra SEA Games 2021, setelah menundukkan Myanmar dengan skor 3-1 pada laga terakhir Grup A di Stadion Viet Tri, Phu Tho, Vietnam, Minggu (15/5/2022).

Melansir dari Antara, Kemenangan dari Myanmar juga mengantar skuad “Garuda Muda” ke puncak klasemen sementara Grup A, dengan mengumpulkan sembilan poin dari empat laga.

Akan tetapi, situasi itu dapat berubah lantaran Vietnam yang berada di peringkat kedua dan memiliki tujuh poin, baru akan menjalani pertandingan pamungkasnya pada hari yang sama menghadapi Timor Leste.

Jika bisa menundukkan lawannya, Vietnam yang juga telah memastikan tempat di semifinal akan mengunci status sebagai pemimpin Grup A.

Pertandingan semifinal sepak bola putra SEA Games 2021 akan digelar, pada Kamis (19/5/2022) mendatang, di Stadion Viet Tri, Phu Tho, Vietnam. Lawan Indonesia dan Vietnam di fase empat besar tersebut, masih belum diketahui lantaran Grup B baru akan melangsungkan laga pamungkasnya pada Senin (16/5/2022) mendatang.

Pada laga melawan Myanmar, Indonesia yang membutuhkan tiga poin atau hasil seri demi lolos ke semifinal tampil menekan sejak awal pertandingan.

Mengandalkan trio Egy Maulana, Witan Sulaeman dan Irfan Jauhari di lini serang, anak-anak asuh Shin Tae-yong pelatih Timnas U-23 berhasil membuat gol cepat pada menit keenam melalui kaki kiri Egy Maulana.

Memanfaatkan situasi kemelut di kotak penalti Myanmar, bola tendangannya membentur pemain lawan sebelum masuk ke gawang, yang menjadi gol ketiganya pada SEA Games 2021.

Unggul satu gol, Indonesia meningkatkan serangan. Empat menit setelah membuka skor, skuad “Garuda Muda” menambah pundi-pundi gol kali ini berkat sepakan Witan Sulaeman. Bola dari kaki Witan terlebih dahulu menyentuh tubuh pemain Myanmar sehingga memperdaya kiper lawan Pyae Phyo Thu.

Setelah itu, Myanmar sempat mengambil alih dominasi dan bahkan membuat gol pada menit ke-28 via Win Naing Tun, tetapi anulir oleh wasit lantaran “offside”.

Persis menjelang jeda, tepatnya menit ke-45+2, Indonesia melesakkan gol ketiga dari tendangan Marselino Ferdinan yang lagi-lagi mengenai pemain lawan sebelum bergulir ke gawang. Indonesia pun unggul 3-0 sebelum turun minum.

Pada paruh kedua, Myanmar yang tercecer berupaya untuk menghadirkan gol. Mereka pun terus menyulitkan pertahanan “Garuda Muda”.

Hasilnya, Myanmar berhasil memperkecil ketertinggalan, berkat gol pada menit ke-66 dari sumbangan Win Naing Tun.

Tidak ada gol tambahan dari sisa waktu, yang membuat Indonesia menang atas Myanmar dengan skor 3-1. (ant/bil/iss)

Berita Terkait

Potret NetterSelengkapnya

Kecelakaan Mobil Porsche Seruduk Livina di Tol Porong

Mobil Tertimpa Pohon di Darmo Harapan

Pagi-Pagi Terjebak Macet di Simpang PBI

Surabaya
Jumat, 29 Maret 2024
32o
Kurs