Selasa, 5 Juli 2022

Sea Games Vietnam: Atlet Downhill Putri Indonesia Sumbang Medali Emas

Laporan oleh Billy Patoppoi
Bagikan
Tiara Andini Prastika menyumbang medali emas untuk Indonesia setelah finis tercepat 3 menit 31,531 detik pada cabang olahraga balap sepeda MTB-Downhill putri di Hoa Binh Gymnastics and Sports Center, Minggu (15/5/2022). Foto: PB ISSI

Tiara Andini Prastika menyumbang medali emas untuk Indonesia Sea Games Vietnam, setelah finis tercepat pada cabang olahraga balap sepeda MTB-Downhill putri di Hoa Binh Gymnastics and Sports Center, Minggu (15/5/2022).

Melansir dari Antara, perjuangan atlet kelahiran Semarang, 22 Maret 1996 itu tidak mudah, karena harus berjibaku dengan kondisi trek basah setelah hujan mengguyur kawasan Hoa Binh, Vietnam.

Namun, berkat kegigihan dan persiapan matang, Tiara Andini melibas lintasan sejauh 2,01 KM dengan catatan waktu terbaik yakni tiga menit 31,531 detik dan kecepatan rata-rata 34,21 km/jam.

Dia menang atas Vipavee Deekaballes wakil Thailand yang berada di urutan kedua, yang membukukan catatan tiga menit 42,337 detik atau terpaut 10,806 detik dari Tiara.

Sementara Naomi Gardoce pebalap Filipina membawa pulang perunggu, usai membukukan waktu tiga menit 44,722 detik atau terpaut 13,191 detik dari sang pemenang.

Bagi Tiara kemenangan ini sekaligus menghapus rasa penasarannya, setelah pada SEA Games sebelumnya di Filipina pada 2019 meraih medali perak, finis di belakang Lea Denise Belgira pembalap Filipina.

“Rasanya bahagia dan bangga karena target medali emas tercapai. Ini memang penantian yang cukup panjang, tetapi sejak persiapan setahun terakhir saya yakin saya mampu,” kata Tiara dalam keterangan tertulis, hari Minggu.

“Pada awal start agak gerimis dan sempat slip sedikit. Beruntung saya bisa kontrol. Treknya sendiri kan lintasannya sempit, tapi saya mampu melewatinya dan akhirnya tampil tercepat,” tambah Tiara.

Sementara itu pada sektor putra, downhill Indonesia juga membawa pulang medali perak melalui Andy Prayoga yang mencatatkan waktu tiga menit 09,356 detik dengan kecepatan rata-rata 38,21 km/jam.

Andy hanya terpaut 3,329 detik dari Methasit Boonsane atlet Thailand yang meraih medali emas. Sementara perunggu diraih John Derick Farr pebalap Filipina, yang membukukan 3 menit 13,138 detik.

Adapun Popo Ario Sejati wakil Indonesia lainnya pada bagian putra, harus puas di urutan keempat setelah menyelesaikan lomba dengan catatan waktu tiga menit 15,810 detik dan kecepatan rata-rata 36,95 km/jam.

Brigjen. Pol. Suyudi Ario Seto Wakil Ketua Umum Pengurus Besar Ikatan Sepeda Seluruh Indonesia (PB ISSI) yang memberikan dukungan langsung di Vietnam, mengapresiasi perjuangan dan pencapaian para atlet Indonesia tersebut.

“Tentunya saya mewakili Bapak Jenderal Polisi Listyo Sigit Prabowo Ketua Umum PB ISSI, sangat bangga dan bersyukur. Kami mengucapkan terima kasih kepada semua tim dan atlet yang telah menyumbangkan medali emas dan perak,” ujarnya.

“Semoga prestasi ini bisa membangkitkan olahraga balap sepeda Indonesia, khususnya untuk downhill,” harap Ario Seto. (ant/bil/iss)

Berita Terkait

Surabaya
Selasa, 5 Juli 2022
30o
Kurs