Jumat, 26 April 2024

Usai Sidak FIFA, Wali Kota Surabaya Optimistis GBT Terus Jadi Venue Internasional

Laporan oleh Meilita Elaine
Bagikan
Eri Cahyadi Wali Kota Surabaya mendampingi PSSI dan FIFA sidak GBT, Minggu (18/9/2022). Foto: Diskominfo Kota Surabaya

Federasi Sepak Bola Internasional (FIFA) melalukan inspeksi mendadak (sidak) ke kawasan Stadion Gelora Bung Tomo (GBT) Minggu (18/9/2022) kemarin. Dari hasil sidak itu, Eri Cahyadi Wali Kota Surabaya optimis akan terus dipakai sebagai tempat pertandingan nasional dan internasional.

Sidak dilakukan mulai dari akses jalan tol menuju ke GBT. Menurut Eri, FIFA takjub dengan penyelesaian pembangunan yang hanya beberapa bulan saja, dan dalam helatan Kualifikasi AFC kemarin jalan itu bisa dilintasi para tamu dan tim pemain.

“Alhamdulillah tadi FIFA melihat jalan yang masuk ke GBT. Kaget betul FIFA, karena ada jalur yang dari tol, baik jalur yang dari Pelindo, juga jalur dari JLLB (Jalur Lingkar Luar Barat). Mereka mengatakan ini sebenarnya tujuh bulan, delapan bulan dari waktu sidak pertama, tapi sekarang sudah selesai. Begitu luar biasanya Pemerintah Kota Surabaya,” ungkap Eri, setelah mendampingi perwakilan FIFA sidak GBT, Minggu (18/9/2022) kemarin.

Selain mengapresiasi jalur tol, dalam sidak tersebut FIFA juga memastikan soal informasi aroma kurang sedap dari TPA Benowo yang tercium di Stadion GBT.

“Jadi, FIFA melihat langsung dan sampai mendekati sampah itu, tapi ternyata mereka juga kaget karena tidak ada bau. Tidak ada aroma kurang sedap itu. Mereka kemudian tanya apa saja yang dilakukan oleh Pemkot Surabaya, ya saya jawab apa adanya. Alhamdulillah mereka menyampaikan sangat happy dan merasa luar biasa dengan Kota Surabaya,” tegasnya.

Termasuk, saat FIFA mengecek ruang ganti, lapangan, rumput, dan fasilitas lainnya di Stadion GBT, mereka juga melontarkan apresiasi-nya pada Pemkot Surabaya.

“Matur nuwun (terimakasih) dukungan Pak Sekjen PSSI, karena dengan arahan PSSI, kita bisa menyempurnakan Stadion Gelora Bung Tomo ini, dan tentu ini menjadi kebanggaan tersendiri bagi arek-arek Suroboyo,” ujarnya.

Oleh karena itu, Eri optimistis bahwa ke depannya, stadion GBT akan terus menjadi tempat pertandingan-pertandingan skala nasional dan internasional.

“Insyallah ke depan GBT akan menjadi salah satu base camp-nya pertandingan Garuda, Bangsa Indonesia, dan PSSI,” pungkasnya.

Diketahui, Pemkot Surabaya menyiapkan segala perbaikan mulai akses tol, menangani bau sampah, dan kesiapan Stadion GBT untuk persiapan sebagai venue utama pertandingan Kualifikasi Piala Asia U20 2023 yang sudah berlangsung pada 14 sampai 18 September 2022 kemarin. (lta/bil)

Berita Terkait

Potret NetterSelengkapnya

Motor Tabrak Pikap di Jalur Mobil Suramadu

Mobil Tertimpa Pohon di Darmo Harapan

Pagi-Pagi Terjebak Macet di Simpang PBI

Surabaya
Jumat, 26 April 2024
30o
Kurs