Kamis, 22 Februari 2024

7.800 Orang Meriahkan KIP Nite Run Jawa Timur di Surabaya

Laporan oleh Meilita Elaine
Bagikan
Ribuan peserta KIP Nite Run meninggalkan start Gedung Negara Grahadi untuk lari sejauh 7,8 kilometer, Sabtu (9/12/2023). Foto: Meilita suarasurabaya.net Ribuan peserta KIP Nite Run meninggalkan start Gedung Negara Grahadi untuk lari sejauh 7,8 kilometer, Sabtu (9/12/2023). Foto: Meilita suarasurabaya.net

Sebanyak 7.800 orang dengan mayoritas pemuda, meriahkan KIP Nite Run yang digelar Pemerintah Provinsi Jawa Timur (Pemprov Jatim) di Surabaya malam ini, Sabtu (9/12/2023).

Pantauan suarasurabaya.net pelepasan ribuan peserta dari start depan Gedung Negara Grahadi pukul 19.15 WIB berlangsung meriah disambut puluhan ledakan kembang api.

Emil Elestianto Dardak Wakil Gubernur Jawa Timur beserta jajaran hingga Forum Komunikasi Pimpinan Daerah (Forkopimda) Jatim, turut melepas para peserta.

“Sudah gak sabar lari, wajah-wajahnya ini wajah pelari. Yakin sampai finish semuanya,” ucapnya menyapa ribuan peserta.

Emil Elestianto Dardak Wakil Gubernur Jawa Timur bersama jajaran saat akan melepas start KIP Nite Run, Sabtu (9/12/2023). Foto: Meilita suarasurabaya.net

Menurutnya event ini memang digagas Khofifah Indar Parawansa Gubernur Jatim untuk mengajak seluruh warga menjaga kesehatan dengan gembira.

“Malam ini adalah persembahan dari Ibu Khofifah, Gubernur Jawa Timur kita tercinta ingin mempersembahkan malam yang penuh kegembiraan, malam yang penuh dengan kebersamaan mengajak kita bergembira sambil menjaga kesehatan badan kita. Ingin mengajak kita untuk menjalin tali persaudaraan sembari mensyukuri kemajuan yang telah diraih Jawa Timur hari ini,” paparnya.

Selain sebagai rangkaian Hari Jadi ke-78 Provinsi Jatim, event ini, lanjutnya, juga wujud syukur berakhirnya pandemi Covid-19 di Indonesia.

“Alhamdulillah setelah lepas dari Covid-19, mudah-mudahan hidup kita berangsur semakin baik, pekerjaannya lancar, usaha lancar. Terima kasih, mari kita beri apresiasi kepada seluruh aparat, petugas yang sudah bertugas menjaga ketertiban dan keamanan. Mudah-mudahan kita dijauhkan dari segala penyakit ke depannya. Selamat berlari bersama, mari kita bangun Jawa Timur. Ingat yel-yel, Salam Optimis Jatim Bangkit, Jatim Bangkit Terus Melaju,” tandasnya.

Sementara Moch Ali Kuncoro Kepala Dinas Pemuda dan Olahraga (Kadispora) Jatim menyebut total ada 8.000 peserta digabung 200 tamu undangan VIP.

Melihat antusiasme peserta, event serupa bakal digelar setidaknya di lima kabupaten/kota lain. Mulai Badan Koordinasi Wilayah (Bakorwil) I Madiun, disusul seterusnya Bojonegoro, Malang, Pamekasan, dan Jember.

Moch Ali Kuncoro Kepala Dinas Pemuda dan Olahraga (Kadispora) Jatim usai diwawancarai sebelum KIP Nite Run, Sabtu (9/12/2023). Foto: Meilita suarasurabaya.net

“Sekarang ini run itu lagi happening. Kita akan gagas tahun depan setidaknya di lima bakorwil yang kita miliki sehingga semangat olahraga, perilaku hidup sehat, orang-orang antusias menjaga kebugaran tubuh masing-masih dan angka harapan hidup manusia di Jawa Timur meningkat dan angka indeks pembangunan manusia semakin bagus lagi,” paparnya.

Ia berharap event ini turut membangkitkan semangat seluruh warga menyongsong Indonesia Emas 2045. “Siap menyongsong Indonesia Emas 2045,” tandasnya.

Diketahui, rute yang ditempuh para peserta “KIP Nite Run” ini sejauh 7,8 kilometer. Start di Jalan Gubernur Suryo (depan Gedung Negara Grahadi), kemudian bergerak ke Jalan Panglima Sudirman – Jalan Urip Sumoharjo – Jalan Raya Darmo – putar balik – Jalan Urip Sumoharjo – Jalan Basuki rahmat -Jalan Embong Malang – Jalan Blauran – Jalan Praban – Jalan Tunjungan – dan finish di Jalan Gubernur Suryo lagi. (lta/bil/iss)

Berita Terkait

Potret NetterSelengkapnya

Truk Trailer Mogok, Jembatan Branjangan Macet Total

Kecelakaan Truk Box dan Motor di Sukorejo Pasuruan

Tetap Nyoblos Meski TPSnya Banjir

Bus Tabrak Tiang Listrik di Sukodadi Lamongan

Surabaya
Kamis, 22 Februari 2024
32o
Kurs