Rabu, 1 Mei 2024

Digelar sejak 1980, Berikut Spesifikasi Sirkuit Misano untuk MotoGP San Marino

Laporan oleh Muhammad Syafaruddin
Bagikan
Marc Marquez (Honda) menjadi pembalap tersukses di Sirkuit Misano dengan total tujuh kemenangan. Foto: Jesús Robledo

Setelah pekan yang penuh kejutan di MotoGP Catalunya, sekarang ajang balap motor internasional itu siap kembali ke Italia lewat GP San Marino yang digelar di Sirkuit Misano, akhir pekan ini.

Melansir Antara, Kamis (7/9/2023), Grand Prix pertama di Misano diadakan pada 1980. Misano menjadi tuan rumah sepuluh edisi MotoGP antara 1980 hingga 1993, sebelum jeda selama 13 tahun akibat kecelakaan yang dialami Wayne Rainey pada 1993.

Ketika balapan Grand Prix kembali digelar di Misano pada 2007, balapan tersebut menggunakan sirkuit sepanjang 4,18 kilometer yang telah banyak direvisi.

Pada tahun 2017, tiga pembalap asal Italia berhasil mencapai posisi lima teratas di Sirkuit Misano, dengan menariknya adalah fakta bahwa ketiganya mengendarai motor Ducati.

Ini merupakan momen bersejarah, karena sejak tahun 1972 di Imola, ini pertama kalinya ketiga pembalap Italia yang menggunakan motor buatan Italia berhasil finis di lima besar dalam kategori utama balap motor.

Mario Suryo Aji, pebalap Honda Team Asia menjalani balapan Moto3 Grand Prix San Marino, Sirkuit Misano. (4/9/2022). Foto: Honda Team Asia.

Namun, jika melihat performa selama periode terakhir di Misano sejak tahun 2007, pembalap yang paling sukses di sirkuit ini adalah Marc Marquez, yang berhasil meraih tujuh kemenangan secara keseluruhan.

Marquez mencatatkan satu kemenangan di kelas 125cc, dua kemenangan di kelas Moto2, dan empat kemenangan di kelas MotoGP. Jorge Lorenzo menjadi rival terdekatnya dengan empat kemenangan, yang terdiri dari satu kemenangan di kelas 250cc dan tiga kemenangan di kelas MotoGP.

Sirkuit Misano
Panjang lintasan: 4,226 km
Jarak balapan: 27 putaran atau 114,1 km
Jarak balapan Sprint: 13 putaran atau 54,93 km
Pemenang MotoGP San Marino 2022: Francesco Bagnaia (Ducati)
Pole position 2022: Jack Miller (Ducati, 1′ 31,899)

Saat ini, Ducati telah menghadiri 37 balapan Grand Prix secara berurutan dengan setidaknya satu pembalap mereka meraih podium. Apabila mereka berhasil mencapai podium lagi di Misano, itu akan menjadi prestasi ke-38 mereka secara berturut-turut.

Selain itu, jika minimal satu pembalap dari tim Ducati berhasil masuk ke tiga besar, ini akan menjadi balapan ke-52 berturut-turut sejak balapan di Valencia pada tahun 2020 di mana Ducati selalu memulai dari posisi terdepan di grid.

Terkait dengan Marc Marquez, jika ia keluar sebagai pemenang di Misano, ini akan menandai 686 hari sejak kemenangan terakhirnya di GP Emilia-Romagna pada tahun 2021.

Selain itu, jika ia berhasil mencapai podium dalam GP San Marino mendatang, ia akan melampaui rekor Angel Nieto, legenda MotoGP, untuk mencapai posisi kelima dalam daftar pembalap dengan jumlah podium GP terbanyak. (ant/bnt/saf/faz)

Berita Terkait

Potret NetterSelengkapnya

Massa Hari Buruh Berkumpul di Frontage Ahmad Yani

Motor Tabrak Pikap di Jalur Mobil Suramadu

Mobil Tertimpa Pohon di Darmo Harapan

Surabaya
Rabu, 1 Mei 2024
32o
Kurs