Sabtu, 4 Mei 2024

Dikalahkan Uzbekistan 0-2, Timnas Indonesia U-24 Tersingkir Dari Asian Games 2022

Laporan oleh Billy Patoppoi
Bagikan
Timnas Indonesia U-24 memenangkan pertandingan dengan skor 2-0 atas Kirgistan dalam Asian Games yang digelar di Zheijang Normal University East Stadium, Selasa (19/9/2023) malam. Foto: NOC Indonesia/Naif Al’As Timnas Indonesia U-24 memenangkan pertandingan dengan skor 2-0 atas Kirgistan dalam Asian Games yang digelar di Zheijang Normal University East Stadium, Selasa (19/9/2023) malam. Foto: NOC Indonesia/Naif Al’As

Timnas Indonesia U-24 sepak bola putra tersingkir dari Asian Games 2022 usai kalah 0-2 dari Uzbekistan dalam pertandingan 16 besar di Stadion Shangcheng Sports Centre, Hangzhou, Kamis (28/9/2023) sore.

Kedua gol Uzbekistan tercipta pada babak perpanjangan waktu, setelah kedua tim bermain imbang tanpa gol selama 90 menit.

Melansir Antara, Uzbekistan mencoba menggebrak secepatnya, dan memaksa kapten Rizky Ridho untuk menggagalkan tembakan pemain mereka di dalam kotak penalti.

Peluang bagus berikutnya kembali dimiliki Uzbekistan saat sundulan Ruslan Jiyanov menyambut bola tendangan sudut, melambung di atas mistar gawang Indonesia.

Indonesia memiliki peluang bagus dari serangan balik, namun pergerakan Ramadan Sananta dihentikan pemain Uzbekistan sehingga hanya menghasilkan tendangan sudut.

Setelah itu dua kali gawang Indonesia berada dalam bahaya. Pertama melalui kerja sama apik yang diakhiri operan akhir yang buruk untuk membuat bola dapat dikuasai kiper Ernando Ari, dan kemudian kemelut di mulut gawang hasil tendangan bebas.

Indonesia balas mencoba mencuri peluang saat Sananta mengirim umpan tarik mendatar ke mulut gawang Uzbekistan, tetapi bola gagal disambar rekan-rekannya.

Peluang terakhir di babak pertama menjadi milik Uzbekistan saat Jasurbek Jaloliddinov melepaskan tembakan spekulasi dari luar kotak penalti, yang dapat ditepis kiper Ernando. Babak pertama pun ditutup dengan skor 0-0.

Kendali permainan berada di tangan Uzbekistan pada babak kedua. Sejak awal mereka sudah kembali menekan lewat tendangan bebas Jasurbek Jalloddinov yang dapat ditepis Ernando Ari kiper.

Peluang demi peluang terus didapatkan kubu Uzbekistan. Diawali tembakan melenceng Ulugbek Khosimov di dalam kotak penalti, serta sundulan pemain Uzbekistan dari tendangan sudut yang melambung di atas mistar gawang Indonesia.

Beberapa kali Ernando menjadi penyelamat Indonesia. Satu peluang didapat Indonesia menjelang waktu normal usai, saat Muhammad Taufani melepaskan tembakan spekulasi melambung ke atas mistar gawang Uzbekistan.

Indra Sjafrie kemudian memasukkan Hugo Samir dan Robi Darwis, dengan harapan mencari celah pertahanan Uzbekistan. Namun, Ramadhan Sananta terlihat seperti terisolir sendirian di lini depan.

Babak kedua ditutup dengan skor imbang 0-0, dan pertandingan dilanjutkan dengan perpanjangan waktu.

Uzbekistan akhirnya berhasil memecah kebuntuan pada menit ke-92. Bola kiriman Jarusbek Jaloliddinov sukses dimaksimalkan Sherhod Esanov untuk membobol gawang Ernando.

Indonesia kemudian sempat membobol gawang Uzbekistan pada menit ke-110, saat Sananta memaksimalkan tendangan bebas Rizky Ridho. Namun gol itu tidak disahkan karena Sananta dinilai berada dalam posisi offside.

Indonesia kemudian harus bermain dengan sepuluh pemain setelah Hugo Samir melakukan pelanggaran keras terhadap pemain lawan, yang membuatnya mendapat kartu merah pada menit ke-112.

Menjelang laga usai, atau tepatnya menit ke-120, Uzbekistan menggandakan keunggulan mereka sekaligus mengubur asa Indonesia. Sherzod Esanov leluasa menyambar umpan tarik kiriman Yuldhosev Ibrokhimkhalil untuk menjadi gol kedua Uzbekistan. (ant/bil/faz)

Berita Terkait

..
Potret NetterSelengkapnya

Massa Hari Buruh Berkumpul di Frontage Ahmad Yani

Motor Tabrak Pikap di Jalur Mobil Suramadu

Mobil Tertimpa Pohon di Darmo Harapan

Surabaya
Sabtu, 4 Mei 2024
27o
Kurs