Sabtu, 27 April 2024

Drama Tujuh Gol di Kenilworth Road, Arsenal Kalahkan Luton Town 4-3

Laporan oleh Muhammad Syafaruddin
Bagikan
Declan Rice pemain Arsenal (dua dari kiri) mencetak gol ke gawang Luton Town di Kenilworth Road, Rabu (6/12/2023) dini hari Waktu Indonesia. Foto: Reuters

Drama tujuh gol mewarnai kemenangan Arsenal atas Luton Town dengan skor 4-3 pada pekan ke-15 Liga Inggris di Stadion Kenilworth Road, Luton pada Rabu (6/12/2023) dini hari WIB.

Gol-gol kemenangan Arsenal lahir lewat Gabriel Martinelli, Gabriel Jesus, Kai Havertz dan Declan Rice. Luton Town sempat membalas melalui Gabriel Osho, Elijah Adebayo dan Ross Barkley.

Dilansir dari Antara, kemenangan ini mengokohkan Arsenal di puncak klasemen sementara Liga Inggris dengan 36 poin dari 15 pertandingan, berselisih lima poin dari Liverpool di posisi kedua.

Sementara itu, Luton Town masih tertahan di posisi ke-17 dengan 19 poin dari 15 laga dan berpotensi disalip oleh Everton andai mereka dapat mengalahkan Newcastle, Jumat (8/12/2023) mendatang.

Secara statistik Arsenal mendominasi jalannya pertandingan dengan mencatatkan 67 persen penguasaan bola serta mencatatkan 23 tendangan yang sembilan di antaranya tepat sasaran.

Dominasi The Gunners atas Luton telah dimulai sejak menit pertama, namun Arsenal baru bisa mencuri keunggulan pada menit ke-20.

Berawal dari umpan yang dikirimkan oleh Bukayo Saka, bola dapat diterima oleh Gabriel Martinelli yang selanjutnya melepaskan tendangan kaki kanan dan membobol gawang Luton Town sehingga skor berubah menjadi 1-0.

Meski bermain di bawah kendali Arsenal, Luton dapat menyamakan kedudukan lima menit berselang lewat gol Gabriel Osho yang memanfaatkan umpan Alfie Doughty sehingga skor kembali sama kuat 1-1.

Arsenal tak tinggal diam dan berupaya kembali unggul, namun baru membuahkan hasil ketika babak pertama telah memasuki menit terakhir lewat sundulan Gabriel Jesus memanfaatkan umpan silang Ben White dan mengubah skor menjadi 2-1 yang bertahan hingga turun minum.

Memasuki babak kedua, secara tak terduga Luton mengambil inisiatif menyerang terlebih dahulu dan dapat membuahkan hasil pada menit ke-49 setelah umpan silang Doughty dapat disambut sundulan Elijah Adebayo yang membobol gawang David Raya sehingga skor kembali sama kuat 2-2.

Taktik yang diterapkan pelatih Rob Edwards perlahan kembali membuahkan hasil setelah Luton sukses berbalik unggul menjadi 3-2 berkat gol Ross Barkley pada menit 57.

Hanya berselang tiga menit, Arsenal dapat menyamakan kedudukan melalui gol yang dicetak Kai Havertz setelah menerima umpan dari Gabriel Jesus sehingga skor berubah kembali sama kuat 3-3.

Kedua tim terus berupaya untuk mencari gol, namun pada akhirnya Arsenal yang sukses keluar sebagai pemenang setelah mampu membobol gawang The Hatters pada injury time babak kedua.

Gol kemenangan Arsenal dicatatkan oleh sundulan Declan Rice setelah menerima umpan silang Martin Odegaard pada menit 90+7 dan membuat pertandingan berkesudahan dengan skor 4-3 untuk kemenangan skuad asuhan Mikel Arteta.

Selanjutnya Arsenal akan menghadapi Aston Villa pada pekan ke-16 Liga Inggris, Sabtu (9/12), sedangkan Luton Town menjamu Manchester City, sehari setelahnya. (ant/saf/faz)

Berita Terkait

Potret NetterSelengkapnya

Motor Tabrak Pikap di Jalur Mobil Suramadu

Mobil Tertimpa Pohon di Darmo Harapan

Pagi-Pagi Terjebak Macet di Simpang PBI

Surabaya
Sabtu, 27 April 2024
29o
Kurs