Jumat, 26 April 2024

Drawing Fase Grup Piala Dunia U-20, Brasil dan Inggris Satu Pot

Laporan oleh Billy Patoppoi
Bagikan
Persiapan undian fase grup FIFA U-20 World Cup 2023 Argentina di Zurich, Swiss, Jumat (21/4/2023). Foto: FIFA

Federasi sepak bola dunia (FIFA) akan melaksanakan undian atau drawing fase grup Piala Dunia U-20 Argentina, hari Jumat (21/4/2023) pukul 21.00 WIB, di Zurich, Swiss.

Undian digelar usai FIFA resmi menunjuk Argentina menjadi tuan rumah untuk menggantikan Indonesia pada Selasa (18/4/2023) lalu.

Pembagian fase grup Piala Dunia U-20 edisi ke-23 bisa ditonton secara langsung di website resmi FIFA mulai pukul 20.45 WIB.

Nantinya, dalam prosedur drawing fase grup, 24 tim peserta dibagi ke dalam empat pot di mana setiap pot terdiri dari enam negara peserta.

Untuk menentukan pembagian pot, FIFA telah membuat peringkat berdasarkan perolehan poin total dalam keikutsertaan setiap tim di lima edisi terakhir Piala Dunia U-20.

Setelah itu, ke-24 tim akan diundi ke dalam enam grup yang terdiri dari empat tim, dengan 16 peserta di antaranya melaju ke fase sistem gugur.

Drawing pot undian fase grup Piala Dunia U-20. Foto: FIFA

Pada Piala Dunia U-20 yang digelar 20 Mei-11 Juni 2023 ini, tuan rumah Argentina berada di pot satu bersama dengan tim kuat Uruguay, Amerika Serikat, Prancis, Senegal, dan Italia.

Menariknya, dua tim unggulan, Brasil dan Inggris, juga berada dalam pot yang sama.

Selecao sebutan Timnas Brasil, sudah memenangkan gelar Piala Dunia U-20 sebanyak lima kali, hanya kalah dari Argentina yang telah juara sebanyak enam kali. Sementara, The Three Lions memenangkannya sekali pada tahun 2017.

Dua tim debutan, Republik Dominika dan Israel tergabung dalam pot empat.

Seperti yang diketahui, Federasi sepak bola dunia FIFA resmi menunjuk Argentina sebagai tuan rumah Piala Dunia U-20 2023 menyusul pembatalan status Indonesia sebagai tuan rumah turnamen tersebut.

Sebelumnya, Asosiasi Sepak Bola Argentina (AFA) mengajukan diri sebagai pengganti yang ditindaklanjuti FIFA dengan terlebih dahulu melakukan inspeksi sejumlah stadion yang diusulkan dan infrastruktur pendukung negara Amerika Selatan itu, pekan lalu.

Dengan penunjukan tersebut, Argentina secara otomatis berhak ikut berkompetisi di Piala Dunia U-20 sebagai tuan rumah menggantikan Indonesia.(ihz/rid)

Berita Terkait

Potret NetterSelengkapnya

Motor Tabrak Pikap di Jalur Mobil Suramadu

Mobil Tertimpa Pohon di Darmo Harapan

Pagi-Pagi Terjebak Macet di Simpang PBI

Surabaya
Jumat, 26 April 2024
31o
Kurs