Kamis, 2 Mei 2024

Duo IBL Legends Tukangi Timnas 3×3 Indonesia untuk Persiapan SEA Games 2023

Laporan oleh Billy Patoppoi
Bagikan
Fandi Andika Ramadhani ditunjuk untuk menjadi Pelatih Kepala Timnas Basket 3x3 Putra. Foto: Antara

Fandi Andika Ramadhani dan Wijaya Saputra, Duo IBL Legends dipilih untuk menukangi Timnas Basket 3×3 Indonesia yang dipersiapkan khusus menghadapi kompetisi di SEA Games 2023 Kamboja.

Fandi Andika Ramadhani dinobatkan sebagai Pelatih Kepala Timnas Basket 3×3, sementara Wijaya Saputra ditugaskan menjadi manajer timnas.

Fandi menggantikan Tri Hartanto yang pada ajang FIBA 3×3 Asia Cup 2023 memimpin Timnas di Singapura. Tri Hartanto kini menjadi asisten pelatih.

Sedangkan Wijaya Saputra juga menggantikan posisi manajer timnas 3×3 sebelumnya yaitu Alfa Hari Kusumanegara yang kini menjadi asisten manajer untuk SEA Games 2023 Kamboja.

Fandi Andika Ramadhani adalah IBL Legends yang pernah besar bersama klub Aspac Jakarta. Rama juga pernah menjadi pemain 3×3 rangking pertama di Indonesia pada 2015, diperingkatkan oleh FIBA 3×3. Dia juga pernah beberapa kali membela Timnas Indonesia di ajang FIBA 3×3.

Sementara itu, Wijaya Saputra terakhir berada di jajaran manajemen tim Dewa United Banten di IBL Tokopedia 2023. Sebelum berperan di balik layar, Wijaya juga pernah membela tim Stadium Jakarta dalam kompetisi IBL.

Melansir dari Antara, Wijaya dan Fandi adalah dua pemain yang pernah menjadi juara FIBA 3×3 World Tour Masters 2013. Saat itu dua pemain lainnya adalah Rizky Effendy dan Vinton Nolland Surawi.

Dengan hadirnya dua legenda yang pernah menjuarai kompetisi 3×3 level internasional itu diharapkan bisa menularkan ilmunya untuk Timnas 3×3 Putra Indonesia yang diproyeksikan berlaga di SEA Games 2023 Kamboja.

Saat ini Timnas 3×3 Putra Indonesia kembali menjalani pemusatan latihan di GBK Arena hingga 19 April. Perbasi memanggil sembilan pemain untuk menjalani pemusatan latihan tahap pertama di Jakarta.

Para pemain tersebut antara lain Agus Salim, Avan Seputra, Ikram Fadhil, Kevin Moses Eliazer Poetiray, M Reza Fahdani Guntara, Laurentius Steven Oei, Karl Patrick Utiarahman G, Antoni Erga, dan Nickson Damara Gosal.(ant/abd/faz)

Berita Terkait

Potret NetterSelengkapnya

Massa Hari Buruh Berkumpul di Frontage Ahmad Yani

Motor Tabrak Pikap di Jalur Mobil Suramadu

Mobil Tertimpa Pohon di Darmo Harapan

Surabaya
Kamis, 2 Mei 2024
26o
Kurs