Selasa, 30 April 2024

Empat Hari Estafet, Kirab Api Porprov VIII Jatim Akhirnya Finis di Grahadi

Laporan oleh Risky Pratama
Bagikan
Obor api yang dikirab di empat Kabupaten/Kota tuan rumah tiba di titik finsih di Gedung Negara Grahadi Surabaya, Kamis (7/9/2023). Foto: Risky suarasurabaya.net

Kirab api Pekan Olahraga Provinsi (Porprov) VIII Jawa Timur secara estafet akhirnya berakhir di Gedung Negara Grahadi Surabaya, pada Kamis (7/9/2023) malam.

Prosesi kirab api tersebut, dilakukan selama empat hari berturut-turut dengan mengelilingi empat kabupaten/kota yang menjadi tuan rumah Porprov VIII Jatim, yakni di Kabupaten Sidoarjo, Kabupaten Mojokerto, Kabupaten Jombang, dan Kota Mojokerto.

Kirab api Porprov yang dibawa oleh M. Nabil Ketua KONI Jatim dan dibarengi oleh atlet, pasukan drumband serta paskibraka itu, sesampainya di titik finis langsung disambut oleh Khofifah Indar Parawansa Gubernur Jawa Timur.

Khofifah mengatakan, kirab api tersebut telah mengelilingi 45 kecamatan di empat kabupaten/kota tuan rumah. “Artinya semangat kita adalah semangat 45, yang merupakan semangat perjuangan,” ucapnya saat memberikan sambutan penerimaan api Porprov.

Ia mengatakan bahwa obor api tersebut hanya akan menginap di Surabaya selama satu malam. Kemudian, Jumat (8/8/2023) besok, obor api akan dibawa ke Gelora Delta Sidoarjo untuk menyambut pembukaan Porprov VIII, pada Sabtu (9/9/2023) mendatang.

“Seluruh persiapan sudah seratus persen, dan lusa akan dibuka di Sidoarjo. Ini juga upaya membangun semangat dan menjaga sportivitas serta menuiyapakan pertandingan berjalan dengan fair play,” ujarnya.

Seperti diketahui, gelaran Porporv VIII Jatim sendiri akan dilaksanakan pada tanggal 9 hingga 16 September 2023, dengan menampilkan total 4.720 pertandingan di 120 venue.

Sebanyak 13.008 atlet yang terdiri dari 7.925 atlet putra dan 5.083 putri, akan memperebutkan 859 medali emas, 859 medali perak dan 1172 medali perunggu dalam 54 cabang olahraga. (ris/bil/ham)

Berita Terkait

Potret NetterSelengkapnya

Motor Tabrak Pikap di Jalur Mobil Suramadu

Mobil Tertimpa Pohon di Darmo Harapan

Pagi-Pagi Terjebak Macet di Simpang PBI

Surabaya
Selasa, 30 April 2024
30o
Kurs