Kamis, 16 Mei 2024

Erick Thohir Ketua Umum PSSI Bantah akan Naturalisasi 150 Pemain

Laporan oleh Muhammad Syafaruddin
Bagikan
Starting eleven saat Timnas Indonesia melawan Irak dalam Kualifikasi Piala Dunia 2026, Kamis (16/11/2023). Foto: PSSI

Erick Thohir Ketua Umum PSSI membantah kabar bahwa federasi akan menaturalisasi 150 pemain. Ia menilai kabar tersebut adalah hoaks.

Erick mengatakan, naturalisasi yang dilakukan kepada pemain yang memiliki darah keturunan Indonesia. Ia menyebut jumlah pemain naturalisasi pun sangat terbatas.

“Memang saat ini ada beberapa pemain naturalisasi yang memiliki darah Indonesia. Bauk dari orang tua atau keluarganya. Jelas jika memenuhi syarat menjadi WNI, mereka memiliki hak yang sama dengan WNI lain untuk memperkuat Timnas,” ujar Erick dilansir laman resmi PSSI.

Erick menegaskan, proses naturalisasi tidak dilakukan secara serampangan. Ada proses yang sangat ketat sebelum pemain keturunan bisa memperkuat merah putih.

“Buktinya banyak pemain luar yang berminat pun tak bisa memperkuat Timnas jika tidak sesuai standar dan prosedur yang ada. Jadi perlu ditegaskan core utama timnas kita adalah pembinaan yang berjenjang,” terang Erick.

Pria yang menjabat Menteri BUMN itu menambahkan, saat ini fokus PSSI adalah membuat tim untuk jenjang kelompok umur. Hal ini, menjadi bagian dari sistem regenerasi timnas yang berjenjang.

“Fokus Timnas saat ini adalah membentuk lapisan tim mulai dari U-14, U-16, U-17, U-20, U-23, dan senior. Dengan proses pembinaan yang baik dan berjenjang, kita berharap regenerasi bisa terus berjalan dan timnas memiliki stok yang siap dan mumpuni untuk berkompetisi di segala tingkatan umur,” terang Erick. (saf/iss)

Berita Terkait

..
Potret NetterSelengkapnya

Massa Hari Buruh Berkumpul di Frontage Ahmad Yani

Motor Tabrak Pikap di Jalur Mobil Suramadu

Mobil Tertimpa Pohon di Darmo Harapan

Surabaya
Kamis, 16 Mei 2024
33o
Kurs