Jumat, 29 Maret 2024

Erick Thohir Pastikan Enam Lapangan Piala Dunia U-20 Akan Penuhi Standar FIFA

Laporan oleh Billy Patoppoi
Bagikan
Mesin jahit lapangan yang akan membantu menaikkan kualitas lapangan stadion-stadion Piala Dunia U-20 di Indonesia. Foto: PSSI

Persiapan Piala Dunia U-20, Erick Thohir Ketua Panitia Penyelenggara FIFA U-20 World Cup 2023 memastikan semua lapangan di enam stadion utama Piala Dunia U-20 akan memenuhi persyaratan yang telah ditentukan FIFA.

Hal tersebut didukung dengan kedatangan mesin pitch stitching atau mesin jahit rumput rekomendasi FIFA di Indonesia. Mesin tersebut nantinya akan meningkatkan kualitas lapangan di stadion-stadion yang akan digunakan untuk menggelar pertandingan Piala Dunia U-20.

“Mesin pitch stitching (jahit rumput) yang direkomedasikan FIFA untuk meningkatkan kualitas lapangan standar Piala Dunia sudah hadir di Indonesia. Saat ini posisi mesin berada di Bali untuk meningkatkan kualitas lapangan di stadion I Wayan Dipta, dan selanjutnya akan bergilir ke lapangan lainnya,” ujar Erick dilansir dari laman resmi PSSI, Sabtu (18/3/2023)

Proses pitch stitching, merupakan proses menjahitkan antara rumput asli dan sintetis untuk memodifikasi kerapatan rumput dijadwalkan berlangsung sejak hari ini, Sabtu (18/3/2023) hingga awal Mei nanti.

Setelah proses pitch stitching di Bali selesai, selanjutnya mesin tersebut akan menuju Gelora Bung Tomo (Surabaya), lalu Stadion Utama Gelora Bung Karno (Jakarta), berikutnya Stadion Manahan (Solo), Si Jalak Harupat (Bandung), dan terakhir Gelora Sriwijaya Jakabaring (Palembang).

Mesin yang digunakan untuk pitch stitching itu merupakan mesin yang dimiliki perusahaan asal Inggris, Sisgrass. Teknologi serupa sudah pernah diterapkan di ajang besar semacam Final Piala Dunia, dan kejuaraan sepakbola di benua Eropa, Afrika, dan Asia.

“Dengan setiap stadion butuh waktu pengerjaan selama seminggu dan transit antar kota, kami memastikan pekerjaan jahit rumput enam lapangan untuk Piala Dunia U20 akan selesai tepat waktu. Ini kebanggaan juga karena berkat Piala Dunia U-20, kita punya enam lapangan sekaligus berstandar FIFA dan dunia,” lanjut Erick.

Gelaran Piala Dunia U-20 nanti akan berlangsung mulai 20 Mei hingga 11 Juni 2023 di mana akan ada 24 negara peserta yang dibagai ke dalam enam grup.

Saat ini, sudah dipastika 24 negara yang akan berlaga di Piala Dunia U-20, yakni tuan rumah Indonesia, lalu Italia, Inggris, Slovakia, Prancis, Israel, Republik Dominika, Guatemala, Honduras, Amerika Serikat.

Kemudian wakil Amerika Selatan seperti Brasil, Kolombia, Ekuador, Uruguay. Lalu ada Fiji, Selandia Baru, Nigeria, Senegal, Gambia, Tunisia, Irak, Uzbekistan, dan 2 tim terakhir yang memastikan lolos yakni Korea Selatan dan Jepang.(ihz/iss)

Berita Terkait

Potret NetterSelengkapnya

Kecelakaan Mobil Porsche Seruduk Livina di Tol Porong

Mobil Tertimpa Pohon di Darmo Harapan

Pagi-Pagi Terjebak Macet di Simpang PBI

Surabaya
Jumat, 29 Maret 2024
30o
Kurs