Senin, 20 Mei 2024

FIFA Inspeksi Lagi Stadion GBT Jelang Piala Dunia U-17

Laporan oleh Meilita Elaine
Bagikan
FIFA mengecek stadion utama Gelora Bung Tomo (GBT), Senin (31/7/2023). Foto: Diskominfo Kota Surabaya

Federasi Sepak Bola Internasional (FIFA) melakukan inspeksi lagi Stadion Gelora Bung Tomo (GBT) Surabaya, Senin (31/7/2023) menjelang persiapan Piala Dunia U-17.

Wiwiek Widayati Kepala Dinas Kebudayaan, Kepemudaan, Olahraga, dan Pariwisata (Disbudporapar) Kota Surabaya menyebut, selain stadion utama GBT, peninjauan juga dilakukan di lapangan latihan A,B, dan C, kemudian Lapangan THOR, dan Stadion Gelora 10 Nopember.

“Hari ini rombongan datang langsung menuju ke GBT. Di GBT, tempat pertama yang dilihat adalah di Lapangan Latihan A, B, dan C. Mereka melihat rumput, kamar mandi, fasilitas yang lain, dan sebagainya,” kata Wiwiek lewat keterangan resmi yang diterima suarasurabaya.net, Selasa (1/8/2023).

Inspeksi meliputi kondisi rumput lapangan utama, ruang ganti pemain, ruang CCTV, ruang konferensi pers dan ruang koordinasi pertandingan. Termasuk gerbang utama akses menuju ke Stadion GBT.

“Lapangan yang menjadi konsentrasi dan sudah di lihat. Inspeksi juga dilakukan oleh Marely Flores-Martinez (FIFA Senior Tournaments Manager) pada semua fasilitas yang ada di Stadion utama GBT,” terangnya.

Menurut Wiwiek, FIFA mengapresiasi tindak lanjut Pemkot Surabaya dalam melakukan perawatan dan pemeliharaan di Stadion GBT, Lapangan Thor, dan G10N Surabaya.

“Mereka sangat mengapresiasi maintenance (teknis pemeliharaan) yang kita lakukan. Mereka bertanya, apakah lapangan dimanfaatkan rutin, kita jawab bahwa GBT digunakan untuk kompetisi, dan lapangan latihan juga dipakai untuk latihan klub-klub lokal,” ungkapnya.

Dalam inspeksi kali ini, sambung Wiwiek, FIFA tidak meninggalkan catatan apapun. Menurut FIFA, seluruh catatan tersebut telah diselesaikan oleh Pemkot Surabaya sejak bulan Maret 2023 lalu.

“Seluruh catatan FIFA telah diselesaikan oleh Pemkot Surabaya sejak bulan Maret 2023 lalu. Hari ini mereview (meninjau) saja dan catatan itu sudah clear (selesai),” jelasnya.

Sementara itu, Amir Burhanuddin Wakil Ketua Asprov PSSI Jatim mengatakan, menjelang Piala Dunia U-17 akan ada perawatan lagi terkait lapangan.

“Soal lapangan tidak ada masalah, untuk urusan rumput dan lain sebagainya tidak ada masalah. Tinggal nanti H-14 pelaksanaannya itu memang harus steril,” ungkapnya.

Sekadar informasi, GBT kembali diajukan jadi venue Piala Dunia U-17 usai sebelumnya Indonesia batal jadi tuan rumah Piala Dunia U-20. (lta/iss)

Berita Terkait

..
Potret NetterSelengkapnya
Surabaya
Senin, 20 Mei 2024
29o
Kurs