Kamis, 28 Maret 2024

GBT Direnovasi, Persebaya Jadikan Stadion Gelora Joko Samudro Sebagai Opsi Kedua

Laporan oleh Risky Pratama
Bagikan
Suasana Stadion Gelora Bung Tomo (GBT), pada Sabtu (15/10/2022) malam. Foto: Risky suarasurabaya.net

Persebaya yang rencananya akan menggunakan Stadion Gelora Bung Tomo (GBT) Surabaya untuk homebase di putaran kedua Liga 1 musim 2022/2023 harus mencari stadion baru.

Sebab, stadion yang berlokasi di Benowo tersebut tidak bisa digunakan untuk pertandingan Liga 1, karena tidak mendapat izin dari Pemerintah Kota (Pemkot) Surabaya.

Alasan Pemkot Surabaya sebagai pemilik stadion karena telah menerima surat dari Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) untuk memperbaiki stadion GBT sebagai persiapan untuk menatap Piala Dunia U-20 pada Mei mendatang.

Yahya Alkatiri Manajer Persebaya membenarkan stadion GBT tidak bisa digunakan sebagai kandang klub asal Kota Pahlawan tersebut.

“Kemarin sudah diumumkan bahwa GBT tidak bisa dipakai karena ada renovasi minggu depan,” ucapnya pada Jumat (6/1/2023) sore.

Dengan adanya renovasi tersebut, ia berhadap agar seluruh proses perbaikan stadion dapat berjalan dengan lancar.

“Semoga ke depanya, renovasi segera selesai dan GBT bisa segera dipakai lagi,” ucapnya.

Meskipun begitu, ia bersama beberapa pemain Persebaya masih merasa heran dengan adanya kebijakan tentang tidak dibolehkannya memakai stadion GBT jelang Piala Dunia U-20. Pasalnya gelaran pesta olahraga dunia itu masih menyisakan waktu yang cukup lama.

“Terus terang, ada beberapa pemain asing dari Persebaya, mereka bilang ke saya, kok bisa Piala Dunianya bulan Mei tapi lapangannya nggak bisa dipakai hari ini, ini kan unik. Mereka kan di negaranya pernah dipakai Piala Dunia juga, jadi mereka agak terheran-heran juga,” jelasnya.

Menurutnya, jika stadion tidak digunakan, rumput lapangannya justru berpotensi mengalami kerusakan, karena tidak ada aktivitas di atasnya.

Sementara itu, dengan turunnya keputusan bahwa stadion berkapasitas 45.000 penonton itu tidak bisa digunakan untuk menggelar pertandingan, Persebaya menyiapkan opsi kedua untuk dijadikan homebase.

“InsyaAllah ini lampu hijaunya sudah hampir pasti di Gresik (Gelora Joko Samudro),” ucapnya.

Ia bersama jajaran masih menunggu keputusan finalnya, karena untuk perizinan pemakaian stadion Gelora Joko Samudro masih dalam tahap proses.

Sebagai diketahui, pertandingan pertama Persebaya merupakan laga home, dan akan diselenggarakan pada Sabtu (14/1/2023) sore mendatang, dengan menghadap klub asal Kabupaten Bogor, Persikabo 1973.(ris/dfn/ipg)

Berita Terkait

Potret NetterSelengkapnya

Kecelakaan Mobil Porsche Seruduk Livina di Tol Porong

Mobil Tertimpa Pohon di Darmo Harapan

Pagi-Pagi Terjebak Macet di Simpang PBI

Surabaya
Kamis, 28 Maret 2024
27o
Kurs