Jumat, 29 Maret 2024

Stadion GBT Disterilkan untuk Persiapan Piala Dunia U-20

Laporan oleh Meilita Elaine
Bagikan
Sejumlah petugas mengupas rumput yang lama di Stadion Gelora Bung Tomo (GBT) Kota Surabaya untuk diganti dengan rumput yang baru sesuai standar FIFA menjelang Piala Dunia U-20. Foto: Diskominfo Surabaya

Menjelang Piala Dunia U-20 2023 Indonesia, Stadion Gelora Bung Tomo (GBT) sebagai salah satu venue gelaran tersebut disterilkan dari segala aktivitas karena sudah memasuki proses renovasi mulai bulan ini.

Wiwiek Widayati Kepala Dinas Kebudayaan, Kepemudaan dan Olahraga serta Pariwisata (Disbudporapar) Kota Surabaya menyebut, keputusan itu sesuai dengan surat Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) yang diterima Senin (2/1/2023).

“Sudah tanggal 2 Januari kemarin (surat PUPR diterima),” kata Wiwiek, Sabtu (7/1/2023).

Renovasi, kata Wiwik, dilakukan oleh Kementerian PUPR sebagai persiapan gelaran akbar sepak bola yang dilaksanakan pada 20 Mei – 11 Juni mendatang.

Sementara terkait waktu perbaikan, Wiwik mengaku belum tahu sampai kapan.

“Mungkin sampai persiapan untuk Piala Dunia, seperti itu,” kata Wiwiek.

Saat ditanyai detail renovasi yang dikerjakan Kementerian PUPR di Stadion GBT, Wiwik juga tidak bisa menyebutkan.

“Saya belum dapat item-item-nya dari PUPR. Karena itu kan PUPR yang punya pekerjaan. Jadi, saya belum tahu apa-apa komponennya. Sekarang ini prosesnya PUPR yang akan turun untuk melakukan berbagai aktivitas, untuk melakukan pembenahan,” paparnya.

Selain Stadion GBT, beberapa stadion lain di Kota Surabaya juga direnovasi Kementerian PUPR yaitu Stadion Gelora 10 November Tambaksari, dan Lapangan Thor.

“Untuk Piala Dunia set training ada lapangan lain yang menjadi bagian yang dikerjakan PUPR. Lapangan-lapangan ini akan dilakukan perbaikan oleh PUPR,” imbuhnya.

Wiwik menambahkan, sebagai salah satu tuan rumah lokasi Piala Dunia U-20, Pemkot Surabaya juga sudah mulai melakukan perbaikan di GBT sejak tahun lalu.

Perbaikan tersebut di antaranya di area parkir dan pemasangan pagar di dua lapangan GBT yang digunakan untuk latihan.

“Yang latihan A,B,C itu kan yang dipakai. A dan C itu sudah dilakukan pemagaran. Terus dilakukan pengerasan untuk parkirnya,” tambahnya.

Seperti diketahui, Stadion Gelora Bung Tomo masuk sebagai satu dari enam venue gelaran Piala Dunia U-20 2023 Indonesia. Lima stadion lainnya yaitu Stadion Gelora Bung Karno (Jakarta), Stadion Si Jalak Harupat (Jawa Barat), Stadion Manahan (Solo), Stadion I Wayan Dipta (Bali), dan Stadion Gelora Sriwijaya Jakabaring (Palembang).(lta/dfn/ipg)

Berita Terkait

Potret NetterSelengkapnya

Kecelakaan Mobil Porsche Seruduk Livina di Tol Porong

Mobil Tertimpa Pohon di Darmo Harapan

Pagi-Pagi Terjebak Macet di Simpang PBI

Surabaya
Jumat, 29 Maret 2024
26o
Kurs