Kamis, 22 Februari 2024

Izagirre Sukses Rebut Etape 12 Tour de France

Laporan oleh Billy Patoppoi
Bagikan
Ion Izagirre pembalap Spanyol dari tim Cofidis melakukan selebrasi menuju finis etape 12 Tour de France, 169km dari Roanne ke Belleville-en-Beaujolais, Prancis. (13/7/2023). Foto: Antara

Ion Izagirre pebalap sepeda asal Spanyol berhasil meraih kemenangan dalam Etape 12 Tour de France setelah sukses memisahkan diri dari peloton untuk melaju solo menuju finis.

Hasil itu mengakhiri penantian tujuh tahun bagi Izagirre yang meraih kemenangan etape pertamanya di Morzine, sekaligus menjadi yang kedua bagi tim Cofidis pada Tour de France tahun ini. Sebelumnya, rekannya, Victor Lafay, mempersembahkan kemenangan pertama untuk tim Cofidis dalam 15 tahun terakhir di San Sebastien.

Melansir Antara, selama rute perjalanannya, terdapat jalur menanjak sepanjang 25 km dari Roanne ke Belleville ketika peloton terpecah saat menempuh etape sejauh 189km tersebut, Prancis, Kamis (13/7/2023).

Sejumlah pembalap elit nampak berkelompok pada 80 km jelang finis, bahkan kelompok tersebut terpecah-pecah kembali sebelum Izagirre membuat manuver penentu kemenangannya pada tanjakan kelima sekaligus yang terberat yaitu Col de la Croix Rosier, sepanjang 5km dengan gradien delapan persen, 28km sebelum finis.

“Saya yakin dengan kekuatan saya. Saya tahu bahwa apabila saya mendapatkan keunggulan yang cukup, musuh saya tidak akan melihat saya dan itu akan menguntungkan saya,” ujar Izagirre.

Izagirre melakukan penyerangan di 2,4km sebelum garis finis dan tak terkejar oleh lawan-lawannya, membuat Mathieu Burgaudeau dan Matteo Jorgensen pembalap asal Prancis tertinggal satu menit di belakang, sehingga hanya memperoleh finis kedua dan ketiga.

“Saya menyerang pada pendakian terakhir dari jarak yang sangat jauh dan saya dapat mempertahankan perbedaan waktunya untuk meraih kemenangan,” pungkas Izagirre. (ant/fra/bil/ham)

Berita Terkait

Potret NetterSelengkapnya

Truk Trailer Mogok, Jembatan Branjangan Macet Total

Kecelakaan Truk Box dan Motor di Sukorejo Pasuruan

Tetap Nyoblos Meski TPSnya Banjir

Bus Tabrak Tiang Listrik di Sukodadi Lamongan

Surabaya
Kamis, 22 Februari 2024
31o
Kurs