Senin, 6 Mei 2024

Kalah dari Jepang, Ganda Campuran Indonesia Gagal Melaju ke Semifinal Indonesia Open 2023

Laporan oleh Billy Patoppoi
Bagikan
Rinov dan Pitha ganda campuran Indonesia saat berlaga pada Indonesia Open 2023. Foto : PBSI

Perlawanan Rinov Rivaldy dan Pitha Haningtyas Mentari Pebulutangkis Ganda Campuran Indonesia tidak mampu menembus pertahanan solid wakil Jepang Yuta Watanabe dan Arisa Higashino pada babak perempat final Indonesia Open 2023, di Istora Gelora Bung Karno, Jumat (16/6/2023).

Pasangan Jepang pun memastikan tempat di semifinal dengan kemenangan dua gim langsung 21-11, 21-18 atas wakil Indonesia.

Dilansir dari Antara, pasangan Jepang memulai gim pertama dengan dominan. Rinov dan Pitha tertinggal 0-4 akibat tidak mampu mengembalikan serangan dari lawan.

Interval gim pertama pun direbut Yuta dan Arisa dengan skor 11-6. Selepas itu, Rinov dan Pitha seakan tidak berdaya dan jatuh dalam tekanan. Ganda Campuran Indonesia itu sering melakukan kesalahan sendiri hingga tertinggal 19-10, pada akhirnya kemenangan gim pertama diraih pasangan Jepang.

Gim kedua dimulai dengan angka pertama yang didapatkan secara cuma-cuma oleh pasangan Jepang akibat bola Rinov dan Pitha keluar. Namun, pasangan Indonesia mencoba memberikan tekanan dengan melakukan reli panjang untuk memperebutkan poin berikutnya, meski pada akhirnya diraih oleh Yuta dan Arisa.

Rinov dan Pitha mendapat enam poin beruntun pada gim kedua, yang didapatkan melalui usaha keras melawan pertahanan ganda Jepang yang merupakan sahabat sejak kecil itu.

Setelah menyamakan kedudukan 3-3, pasangan Indonesia akhirnya unggul 6-3 berkat teknik permainan yang lebih beragam.

Momentum baik itu tidak ingin disia-siakan Rinov dan Pitha dengan terus unggul 10-7. Namun, Yuta dan Arisa dengan sabar berusaha memperkecil ketertinggalan hingga akhirnya menyamakan kedudukan 10-10, dan interval gim kedua akhirnya berhasil diraih oleh pasangan Jepang yang juga merupakan peringkat dua dunia.

Selepas interval gim kedua, Rinov dan Pitha berusaha meraih poin hingga akhirnya unggul tipis atas Yuta dan Arisa 12-11. Meski sempat beberapa kali memimpin, pasangan Jepang terus berusaha mengejar hingga akhirnya unggul jauh 18-14 melalui bola-bola agresifnya.

Rinov dan Pitha berupaya membuka peluang dengan meraih tiga poin beruntun untuk memperkecil ketertinggalan menjadi 17-18 dan 18-19. Tapi, smash pamungkas dari Yuta menutup perjuangan Rinov dan Pitha sekaligus menyegel tiket semifinal.

Dengan kemenangan itu, Yuta dan Arisa akan menghadapi wakil Hong Kong Tang Chun Man dan Tse Ying Suet di babak semifinal. Sementara, Indonesia sudah tidak lagi memiliki wakil di nomor ganda campuran pada turnamen BWF Super 1000 itu.(ant/dvn/rid).

Berita Terkait

..
Potret NetterSelengkapnya

Massa Hari Buruh Berkumpul di Frontage Ahmad Yani

Motor Tabrak Pikap di Jalur Mobil Suramadu

Mobil Tertimpa Pohon di Darmo Harapan

Surabaya
Senin, 6 Mei 2024
24o
Kurs