Senin, 29 April 2024

Lewis Hamilton Ajukan Batasan Terhadap Pengembangan Mobil F1 Untuk Kurangi Dominasi

Laporan oleh Billy Patoppoi
Bagikan
Max Verstappen (kiri) dan Lewis Hamilton (kanan). Foto: BBC

Lewis Hamilton mengatakan Formula 1 harus mempertimbangkan pembatasan lebih lanjut pada pengembangan mobil untuk menghentikan tim-tim yang membangun dominasi dalam waktu lama.

Menurut Hamilton, tim-tim yang memiliki mobil yang lebih unggul dapat mulai mengerjakan desain mobil berikutnya lebih awal daripada para pesaingnya karena mereka tidak perlu mengeluarkan sumber daya yang banyak untuk musim ini.

“Jika semua orang memiliki waktu (untuk memulai mobil berikutnya), tidak ada yang memiliki keunggulan lebih dulu dan itu adalah balapan yang sesungguhnya,” katanya sesuai dikutip dari BBC, Jumat (30/6/2023).

Hamilton melanjutkan bahwa mungkin batasan itu akan membantu semua orang menjadi lebih imbang di tahun berikutnya.

F1 telah memperkenalkan sejumlah aturan yang bertujuan untuk menutup lapangan dari waktu ke waktu, termasuk skala geser waktu penelitian dan pengembangan yang menguntungkan tim yang lebih lemah daripada tim yang lebih sukses.

Red Bull tahun ini menghadapi pembatasan ekstra pada pengembangan yang diizinkan sebagai hukuman karena melebihi batas anggaran pada tahun 2021.

Hamilton mengatakan bahwa siklus dominasi seperti itu adalah sesuatu yang ia nikmati bersama Mercedes dari 2014-2020, dan menekankan bahwa komentarnya tidak ditujukan pada satu orang.

Ia mengatakan bahwa selama 17 tahun dia berada di sini, bahkan sebelum dia tiba di sini, periode dominasi akan terlihat dan itu terus terjadi.

“Saya sangat beruntung bisa mengalami salah satu dari periode tersebut dan Max [Verstappen] sedang mengalaminya sekarang,” ujarnya.

Hamilton melanjutkan, “Dengan cara yang sedang berlangsung, hal itu akan terus terjadi lagi dan lagi, dan saya pikir kita tidak membutuhkannya dalam olahraga ini.”

Ketika sudah unggul begitu jauh, 100 poin di depan, menurut Hamilton pengembangan pada mobil tidak perlu banyak dilakukan sehingga bisa memulai lebih awal dengan mobil berikutnya. Batasan anggaran yagn ada berarti uang tahun itu harus dihabiskan untuk mobil tahun depan.

“Akan sangat menyenangkan untuk melihat di periode berikutnya jika kami tidak memiliki jeda waktu yang sangat lama ketika satu tim berada di depan karena kami ingin melihat balapan yang lebih baik,” ungkap pembalap darah Inggris tersebut.

Max Verstappen telah memenangkan enam dari delapan balapan sejauh musim ini dan semuanya bersama tim Red Bull. Ia memimpin kejuaraan dengan 69 poin menjelang Grand Prix Austria akhir pekan ini.

“Hidup ini memang tidak adil. Hal ini tidak hanya terjadi di F1. Kami hanya harus menghadapinya,” tutur Verstappen.

Ia ikut menambahkan, “Kita tidak membicarakan hal itu saat ia memenangkan gelar juara, bukan? Jadi saya rasa kita tidak perlu membicarakannya sekarang.” (ant/faz)

Berita Terkait

Potret NetterSelengkapnya

Motor Tabrak Pikap di Jalur Mobil Suramadu

Mobil Tertimpa Pohon di Darmo Harapan

Pagi-Pagi Terjebak Macet di Simpang PBI

Surabaya
Senin, 29 April 2024
31o
Kurs