Minggu, 28 April 2024

Liga Inggris: Arsenal Dipermalukan di Kandang, City Mendekati Juara

Laporan oleh Billy Patoppoi
Bagikan
Moise Caicedo gelandang Brighton & Hove Albion berduel dengan Gabriel Martinelli winger Arsenal dalam laga lanjutan Liga Inggris, Minggu (14/5/2023) malam WIB. Foto: Premier League

Arsenal gagal meraih tiga poin penting usai dipermalukan Brighton & Hove Albion 0-3 dalam laga lanjutan Liga Inggris, di Emirates Stadium, Minggu (14/5/2023) malam WIB.

Hasil tersebut membuat kans juara tim London Utara itu, semakin menipis setelah tertinggal empat poin dari Manchester City di puncak klasemen, yang baru memainkan laga ke-35.

Melansir Antara, Arsenal saat ini menempati peringkat dua dengan 81 poin dari 36 laga. Sedangkan Brighton menjaga asa tampil di kompetisi Eropa musim depan, mereka naik ke urutan enam dengan 58 poin dari 34 laga.

Dalam laga ini, Brighton yang menjadi tim tamu justru mendominasi laga dengan mencatatkan 59 persen penguasaan bola dan melepaskan enam shot on target. Sementara The Gunners hanya menghasilkan dua tendangan tepat sasaran, dengan 41 persen penguasaan bola.

Jalannya laga, Brighton mengancam lebih dulu melalui tendangan kaki kiri Julio Enciso pada menit ke-12, tetapi usahanya masih bisa dihalau kiper Aaron Ramsdale.

Setelah itu, berturut-turut The Gunners menciptakan peluang melalui Martin Odegaard, Gabriel Jesus, dan Leandro Trossard. Namun, semuanya tidak membuahkan hasil.

Begitupun tim tamu, peluang-peluang yang didapatkan selama babak pertama tidak ada yang berbuah gol. Hingga babak pertama usai, skor masih sama kuat 0-0.

Brighton sukses membungkam suporter Arsenal pada menit ke-51. Bermula dari kelengahan para pemain belakang tuan rumah, Pervis Estupinan mengirim umpan silang kepada Enciso yang diselesaikan dengan sundulan untuk membobol gawang Ramsdale. Skor menjadi 1-0 untuk tim tuan rumah.

Tertinggal satu gol, Arsenal berupaya membalas melalui sejumlah peluang. Namun, penyelesaian mereka masih buruk.

Terlalu fokus menyerang, Arsenal justru kembali kebobolan pada menit ke-86. Menerima umpan mendatar Ramsdale, Trossard bermaksud mengirim bola ke depan, tetapi mengenai Pascal Gross yang berada di belakangnya.

Bola itu berbalik ke arah kotak penalti Arsenal, sebelum diselesaikan dengan sepakan lob Deniz Undav yang melewati Ramsdale dan masuk gawang Arsenal. Brighton unggul 2-0.

Brighton menyempurnakan penampilan mereka dengan mencetak gol ketiga di masa injury time. Tembakan jarak jauh Undav berhasil ditepis Ramsdale, tetapi bola rebound disambar Estupinan menjadi gol. Brighton menang 3-0.

Dalam laga lain di hari yang sama, Minggu (14/5/2023), Manchester City mengukuhkan posisi mereka di puncak klasemen setelah membungkam Everton 3-0 dalam matchday Liga Inggris ke-36 di Goodison Park. Kemenangan ini membuat The Citizens semakin dekat dengan trofi juara Liga Inggris musim ini.

City membuka keunggulan lewat gol Ilkay Gundogan di babak pertama, sebelum Erling Haaland menambah keunggulan mereka beberapa menit kemudian. Gundogan memperbesar keunggulan mereka menjadi tiga gol di babak kedua.

Ilkay Gundogan (kiri) dan Erling Haaland merayakan gol saat laga Everton vs Manchester City, Minggu (14/5/2023). Foto: Premier League

Hasil ini membuat The Citizens mengoleksi 85 poin, unggul empat poin dari Arsenal dalam perburuan gelar juara liga musim ini.

Sementara itu, Everton belum aman dari ancaman degradasi dan berada di urutan 17 dengan 32 poin dari 36 laga, demikian catatan laman resmi Laga Premier Inggris.

Meski mendominasi penguasaan bola sejak awal pertandingan, City agak kesulitan membongkar pertahanan solid tuan rumah.

Butuh setengah jam lebih sebelum akhirnya tim tamu membuka keunggulan pada menit ke-37 berkat gol Gundogan. Umpan silang Mahrez dari sisi kanan berhasil dikontrol sang gelandang Jerman di kotak penalti, sebelum berbalik menendang bola ke sudut kiri gawang tanpa bisa dihalau Pickford. Skor menjadi 1-0.

Dua menit berselang, Haaland menambah keunggulan City. Gundogan memberikan umpan silang dari sisi kiri yang disundul penyerang jangkung itu di kotak penalti menjadi gol. Kedudukan menjadi 2-0.

City berhasil menambah gol ketiga di babak kedua atau menit ke-51 melalui free kick Gundogan, setelah Phil Foden dilanggar James Garner di depan kotak penalti.

Everton memiliki beberapa peluang untuk memperkecil ketertinggalan, tetapi upaya mereka belum membuahkan hasil hingga pertandingan selesai.

Kemenangan ini menjadi modal penting bagi Manchester City sebelum menghadapi Real Madrid di pertandingan leg kedua semifinal Liga Champions di Etihad Stadium, Kamis (18/5/2023) tengah pekan ini. (ant/ihz/bil).

Berita Terkait

Potret NetterSelengkapnya

Motor Tabrak Pikap di Jalur Mobil Suramadu

Mobil Tertimpa Pohon di Darmo Harapan

Pagi-Pagi Terjebak Macet di Simpang PBI

Surabaya
Minggu, 28 April 2024
27o
Kurs