Senin, 26 Februari 2024

Liga Inggris: Arsenal Kokoh di Puncak Klasemen, United Terjungkal Lagi

Laporan oleh Billy Patoppoi
Bagikan
Martin Ødegaard berpelukan dengan Mike Arteta usai kemenangan Arsenal atas Wolverhampton Wanderers pada pertandingan Liga Inggris yang dimainkan di Stadion Emirates, London, Sabtu (2/12/2023) malam. Foto: Reuters

Arsenal sukses bertahan dari gempuran Wolverhampton Wanderers untuk menang 2-1, pada pertandingan Liga Inggris yang dimainkan di Stadion Emirates, London, Sabtu (2/12/2023) malam, sekaligus memperbesar keunggulan mereka di puncak klasemen.

Melansir Antara, Arsenal tampil penuh kepercayaan diri setelah menghancurkan Lens dengan skor 6-0 di ajang Liga Champions pada tengah pekan. Tim London Utara itu dengan cepat unggul 2-0 dalam rentang waktu 13 menit.

Bukayo Saka membuka keunggulan Arsenal pada menit keenam, dan mereka menggandakan keunggulan saat ketika Oleksandr Zinchenko memotong bola untuk mengumpan kepada Martin Odegaard, yang menyarangkan bola ke sudut bawah gawang Wolves pada menit ke-13.

Arsenal hampir mendapatkan gol ketiga ketika Gabriel Martinelli melepaskan sepakan yang memantul ke mistar gawang tim tamu menjelang turun minum.

Namun, mereka gagal memastikan kemenangan dengan cepat, dan harus berjuang keras ketika Wolves mencetak gol melalui Matheus Cunha pada menit ke-86 untuk membuat fase akhir laga berlangsung menegangkan.

Meskipun harus bersusah payah terguncang, Arsenal berhasil mempertahankan kemenangan 2-1 dan mencatatkan kemenangan kesepuluh mereka dalam 14 pertandingan liga. Pasukan Mikel Arteta juga menjauhkan diri sebanyak empat poin dari juara bertahan Manchester City, yang baru akan menjamu Tottenham pada, Minggu (3/12/2023) hari ini.

“Saya hanya bisa memuji para pemain. Mereka sangat bagus. Kami bermain melawan tim yang sangat bagus dan menciptakan begitu banyak peluang sementara hampir tidak kebobolan. Skor seharusnya berbeda. Menurut saya kami sangat tidak beruntung karena kami memiliki tiga peluang yang mengenai mistar,” kata Arteta seperti dikutip AFP.

“Pada akhirnya, kami membuat kesalahan dekat gawang, di Liga Inggris, Anda bisa dihukum besar karena hal itu. Kemudian pertandingan menjadi seru. Secara keseluruhan, saya sangat senang dengan performa kami lagi,” tambahnya

Kemenangan kandang perdana Burnley

Di sisi lain klasemen, Burnley meraih kemenangan kandang pertama mereka musim ini, saat mereka menghancurkan Sheffield Wednesday lima gol tanpa balas.

Jay Rodriguez membawa tuan rumah unggul saat laga baru berlangsung 15 detik, sekaligus menjadi gol tercepat Liga Inggris musim ini.

Jacob Bruun Larsen menggandakan keunggulan mereka pada menit ke-29, dan tugas Sheffield United menjadi semakin berat ketika Oli McBurnie mendapat kartu kuning kedua sebelum turun minum.

Zeki Amdouni mengubah skor menjadi 3-0 pada menit ke-73, dan gol Luca Koleosho pada menit ke-75 serta gol Josh Brownhill pada menit ke-80 membuat mereka berkesempatan mengukir namanya di papan skor.

Pasukan Paul Heckingbottom kini berada di dasar klasemen, dengan hanya koleksi satu kemenangan, dan saat ini mereka sudah tiga kali kalah dengan kemasukan lima gol atau lebih.

Namun, Burnley hanya terpaut dua poin dari zona aman setelah kemenangan mereka yang kedua musim itu dan Kompany berharap tiga poin tersebut akan menjadi dasar untuk bangkit.

“Menurut saya para pemain pantas mendapatkannya. Mereka sudah tampil baik untuk waktu yang lama. Liga ini sangat keras,” kata Kompany.

Sementara Luton, yang berada di luar zona degradasi, menelan kekalahan 1-3 saat melawat ke markas ke Brentford. Neal Maupay (49’), Ben Mee (56’), dan Shandon Baptiste (81’) menjadi pencetak gol untuk The Bees. Satu-satunya gol balasan Luton dibukukan oleh Jacob Brown (76’).

Everton berada di atas Burnley berdasarkan selisih gol. Klub asal Liverpool itu menang 1-0 di markas Nottingham Forest. Kemenangan The Toffees asuhan Sean Dyche mampu menaikan posisi mereka ke peringkat 18 klasemen sementara.

Dwight McNeil mencetak satu-satunya gol di pertengahan babak kedua, melalui tembakannya ke sudut atas gawang. Ini merupakan kemenangan tandang ketiga berturut-turut bagi Everton.

Adapun pertandingan yang dimainkan paling larut pada Sabtu, Newcastle United menang tipis 1-0 atas Manchester United berkat gol semata wayang Anthony Gordon pada menit ke-55.

Kemenangan itu mendongkrak The Magpies naik ke posisi kelima di klasemen dengan 26 poin, sedangkan United tertahan di posisi ketujuh dengan 24 poin. (ant/bil/iss)

Berita Terkait

Potret NetterSelengkapnya

Truk Trailer Mogok, Jembatan Branjangan Macet Total

Kecelakaan Truk Box dan Motor di Sukorejo Pasuruan

Tetap Nyoblos Meski TPSnya Banjir

Bus Tabrak Tiang Listrik di Sukodadi Lamongan

Surabaya
Senin, 26 Februari 2024
26o
Kurs