Sabtu, 4 Mei 2024

Malang Jadi Tuan Rumah Final Provinsi Kompetisi Bola Basket 3×3 Indonesia Tournament

Laporan oleh Budi Leksono
Bagikan
Chaerul Anwar Aziz (kanan bertopi) saat press conference di Surabaya, Rabu (8/3/2023). Foto: Budi Leksono suarasurabaya.net

Sesudah City Selection sukses digelar di Surabaya dan Lamongan, Malang akan menjadi tuan rumah pertandingan final provinsi dalam Kompetisi Bola Basket Mandiri 3×2 Indonesia Tournament.

Event yang tahun ini bertitel Mandiri 3×3 ini hasil kerja sama antara PT SuperSport Sensation Internasional (SSS) dengan Pengurus Pusat Persatuan Basket Seluruh Indonesia (PP Perbasi).

Chaerul Anwar Azis Project Director SSS mengatakan, penyelenggaraan event tersebut di tahun ini tahapannya tetap sama seperti tahun lalu. Diawali City Selection yang digelar di Surabaya pada 25 Februari dan di Lamongan 4 Maret lalu.

Tahapan selanjutnya yaitu babak final tingkat provinsi akan digelar di Lapangan Rampal, Malang, Minggu (12/3/2023). Pertandingan final akan melibatkan seluruh tim terbaik yang lolos City Selection di Surabaya dan Lamongan.

Tentang kualitas di persaingan tahun ini, Chaerul Anwar mengatakan, akan berlangsung cukup ketat. Pasalnya hasil seleksi di kedua kota itu memunculkan tim-tim yang cukup bisa di perhitungkan kekuatannya.

“Itu artinya olahraga bola Basket 3×3 di kedua daerah sudah cukup dikenal masyarakat, khususnya untuk usia 18 dan 23 tahun. Meski secara kuantitas jumlah pesertanya berkurang sedikit dibanding tahun lalu, persaingan cukup kompetitif,” ujar Chaerul Anwar, Rabu (8/3/2023).

Pada Suara Surabaya pihaknya mengatakan, hasil pertandingan final provinsi di Malang yang melibatkan total 24 tim putra putri nantinya hanya akan diambil dua tim terbaik yaitu juara dan runner up.

Dari dua tim terbaik yang mewakili Jawa Timur ini, selanjutnya akan mengikuti grand final untuk bertanding melawan tim juara dan runner up dari tiga wilayah lain. Di antaranya perwakilan Jawa Tengah, Jawa Barat, dan DKI Jakarta yang juga akan segera menggelar event yang sama sesudah seri Jawa Timur.

Untuk seri Jawa Barat akan digelar Mei 2023, Jawa Tengah Juli 2023 dan DKI Jakarta September 2023 mendatang. Sementara untuk grand final akan dilaksanakan bulan Oktober. Hanya saja lokasinya masih belum disebutkan.

Melihat animonya peserta yang cukup besar, Chaerul Anwar mengatakan, olahraga basket 3X3 Indonesia Tournament ini diharapkan bisa terus berkembang pesat di Indonesia.

“Sehingga harapannya kejuaraan ini tidak hanya bisa tergelar di beberapa kota besar di Jawa saja, tapi juga di luar pulau Jawa. Di antaranya di Medan Sumatera Utara ataupun wilayah pulau lain,” pungkasnya.(bud/dfn/ipg)

Berita Terkait

..
Potret NetterSelengkapnya

Massa Hari Buruh Berkumpul di Frontage Ahmad Yani

Motor Tabrak Pikap di Jalur Mobil Suramadu

Mobil Tertimpa Pohon di Darmo Harapan

Surabaya
Sabtu, 4 Mei 2024
26o
Kurs