Jumat, 29 Maret 2024

Menpora Luncurkan Maskot, Logo dan Tagline PON 2024

Laporan oleh Billy Patoppoi
Bagikan
Zainudin Amali Menpora saat peresmian maskot, logo, dan tagline PON 2024 Aceh, Sabtu (28/1/2023) Foto: Antara

Zainudin Amali Menteri Pemuda dan Olahraga (Menpora) dan perwakilan Komite Olahraga Nasional Indonesia (KONI) Pusat melakukan peluncuran maskot, logo dan tagline Pekan Olahraga Nasional (PON) 2024 Aceh-Sumatera Utara (Sumut), khusus wilayah Aceh, dilansir dari Antara, Sabtu (28/1/2023).

“Hari ini kita luncurkan maskot, logo, dan tagline pelaksanaan PON Aceh-Sumut khusus wilayah Aceh,” kata Menpora Zainuddin Amali di Banda Aceh.

Aceh memilih Gajah Sumatera atau Po Meurah sebagai maskot, kemudian Rencong yang merupakan senjata tradisional Aceh sebagai logo, serta tagline “Bersatu Kita Juara”.

Peluncuran sendiri dimulai dengan jalan santai yang diikuti ribuan masyarakat Aceh dari berbagai kalangan, anak-anak, orang dewasa hingga kelompok disabilitas.

Turut juga dimeriahkan penampilan tarian tradisional asal Tanah Rencong itu, Seudati serta atraksi Barongsai dari Federasi Olahraga Barongsai Indonesia (FOBI) Aceh.

Zainuddin menjelaskan peluncuran tersebut sebagai penanda bahwa Aceh-Sumut merupakan tuan rumah penyelenggaraan perlombaan olahraga terbesar se Indonesia.

Sehingga dengan begitu, lanjut dia, masyarakat Aceh bisa selalu ingat, menyambut dengan suka cita, dan secara bersama-sama untuk menyukseskan penyelenggaraan PON 2024.

“Besok, Minggu (29/1/2023), saya akan ke Sumatera Utara untuk melakukan hal yang sama (peluncuran maskot, logo dan tagline PON wilayah Sumut,” kata Zainuddin menambahkan.

Ia menambahkan, PON XXI direncanakan dibuka pada 8 September 2024 di Aceh, sedangkan penutupan akan berlangsung di Sumatera Utara pada 20 September 2024.

Setelah peluncuran ini, kata dia, di instansi pemerintah dan ruang publik nantinya akan terdapat penanda hitung mundur pelaksanaan PON 2024, sehingga menjadi pengingat setiap saat bagi masyarakat.

“Saya berharap kesuksesan-kesuksesan akan diperoleh pemerintah maupun seluruh masyarakat Aceh, dan semua orang yang datang dari berbagai provinsi akan terkenang dengan Aceh,” pungkas Zainudin Amali.(ant/ihz/iss)

Berita Terkait

Potret NetterSelengkapnya

Kecelakaan Mobil Porsche Seruduk Livina di Tol Porong

Mobil Tertimpa Pohon di Darmo Harapan

Pagi-Pagi Terjebak Macet di Simpang PBI

Surabaya
Jumat, 29 Maret 2024
32o
Kurs