Senin, 26 Februari 2024

Mental Timnas Basket Putri Indonesia Meningkat Usai Try Out di Taiwan

Laporan oleh Risky Pratama
Bagikan
Suasana latihan timnas basket putri Indonesia jelang Sea Games ke-32 pada Kamis (12/1/2023) di GOR Kertajaya Surabaya. Foto: Risky suarasurabaya.net

July Wong Asisten Pelatih Timnas Basket Putri Indonesia menyatakan, mental anak asuhnya semakin meningkat setelah tuntas menjalani try out di Taiwan selama hampir dua minggu.

“Hasil try out di Taiwan bagus banget, karena tim cewek kita semakin hari melawan tim yang lebih bagus dan mental mereka sudah semakin bagus, mereka melawan pro team juga tidak nervous,” ucapnya kepada suarasurabaya.net pada Minggu (26/2/2023).

Bahkan menurutnya, dalam lawatannya ke Negeri Formosa itu, beberapa tim lawan juga mengakui jika kualitas permainan Timnas Basket Putri Indonesia bagus.

“Dan ketika mereka dalam posisi poinnya tertinggal, mereka masih tidak mau kalah, tetap fight. Kalau dari saya sendiri, saya puas dengan hasil kemarin, karena Taiwan itu levelnya lebih tinggi dari Indonesia,” ungkapnya.

Selain mental, ia mengatakan bahwa defense dan rotasi permainan Timnas Bakset Putri juga mengalami peningkatan.

“Defense bagus dan rotasi sudah kelihatan meskipun kadang sedikit telat. Tapi, mereka tahu kalau itu bisa kebaca dan lawan bikin poin dengan gampang, tapi mereka sudah tahu kalau ini kesalahan,” jelasnya.

Dalam kesempatan itu, ia mengatakan bahwa hasil positif yang diraih anak asuhnya yakni, dari total tujuh pertandingan yang dijalani selama di Taiwan, empat pertandingan berakhir dengan kemenangan, sedangkan tiga sisanya mendapat kekalahan.

Menurutnya, hasil tersebut menjadi bekal yang bagus untuk menatap Sea Games ke-32 yang akan diselenggarakan di Kamboja pada bulan Mei mendatang.

Apalagi, kata July, dalam kegiatan try out tersebut, hasil yang didapat skuad Garuda murni tanpa dua pemain Naturalisasi. Sehingga, hasil tersebut menurutnya adalah peningkatan.

Ia berharap, dengan program TC jangka panjang hingga try out, permainan anak asuhnya dapat terus berkembang menjadi lebih baik hingga menjelang Sea Games mendatang.(ris/iss)

Berita Terkait

Potret NetterSelengkapnya

Truk Trailer Mogok, Jembatan Branjangan Macet Total

Kecelakaan Truk Box dan Motor di Sukorejo Pasuruan

Tetap Nyoblos Meski TPSnya Banjir

Bus Tabrak Tiang Listrik di Sukodadi Lamongan

Surabaya
Senin, 26 Februari 2024
26o
Kurs