Minggu, 21 Juli 2024

PB ESI Bikin Liga Esports Nasional, Start Tahun ini

Laporan oleh Muchlis Fadjarudin
Bagikan
Ilustrasi PB ESI menggelar Liga Esports Nasional yang akan dimulai pada tahun ini. Foto: Humas Unitomo

Pengurus Besar Esports Indonesia (PB ESI) akan menggelar Liga Esports Nasional mulai tahun ini. Kompetisi ini akan terdiri dari berbagai tingkatan, laiknya kompetisi sepak bola di Indonesia.

Liga Esports Nasional bersifat terbuka. Sistemnya terdiri dari beberapa tingkatan. Mulai Liga 3, Liga 3, dan Liga 1. Kompetisi akan menerapkan sisten promosi dan dengradasi. Persis seperti piramida liga sepak bola Indonesia.

Mobile Legends Bang Bang menjadi game yang dipertandingkan dalam Liga Esports Nasional tahun ini. Ke depan tidak menutup kemungkinan untuk game lain akan dipertandingkan di Liga Esports Nasional.

Komjen Pol. Bambang Sunarwibowo Ketua Harian PB ESI menjelaskan, Liga Esports Nasional 2023 adalah bentuk komitmen PB ESI dalam mengembangkan, memajukan, dan menguatkan kompetensi esports di Indonesia

Tujuannya adalah mencapai prestasi setinggi-tingginya. Serta menjadikan Indonesia sebagai negara terdepan di kancah esports internasional.

“Oleh karena itu, Liga Esports Nasional 2023 disiapkan untuk misi jangka panjang sebagai bagian dari pembinaan strategis PB ESI dalam terus meningkatkan kompetensi pelatih serta atlet nasional berkompetensi dunia,” ucap Bambang dalam konferensi pers di Jakarta, Selasa (27/6/2023) siang.

Sementara itu, Garudaku operator kompetisi menjelaskan bahwa Liga 1 Esports Nasional digelar di lima kota dan dilakukan secara luring. Kompetisi ini akan dibagi menjadi dua babak.

Babak pertama adalah Group Stage dengan jumlah peserta 16 tim yang bertanding dan dilakukan dengan format series di lima kota di Indonesia. Babak kedua merupakan playoff di mana akan ada enam tim terbaik yang lolos ke babak ini.

Sementara Liga 2 dan Liga 3 akan berlangsung secara daring dari studio. Liga Esports Nasional akan menjadi liga resmi terbesar di Indonesia dengan total hadiah Rp3 miliar.

“Melalui kompetisi ini kami berharap melahirkan atlet esports masa depan yang bisa mengharumkan nama bangsa di pentas dunia,” ujar Ricky Setiawan COO Garudaku. (saf/faz)

Berita Terkait

..
Potret NetterSelengkapnya

Pipa PDAM Bocor, Lalu Lintas di Jalan Wonokromo Macet

Perahu Nelayan Terbakar di Lamongan

Surabaya
Minggu, 21 Juli 2024
29o
Kurs