Kamis, 20 Juni 2024

Liga Esports Nasional 2023 Akan Digelar dalam Tiga Tingkatan

Laporan oleh Dhafintya Noorca
Bagikan
Frengky Ong Sekretaris Jenderal Pengurus Besar Esports Indonesia (PB ESI). Foto: Antara

Pengurus Besar Esports Indonesia (PB ESI) melalui platform resmi Garudaku mengumumkan kesiapan mereka untuk meluncurkan Liga Esports Nasional 2023 yang akan digelar dalam tiga tingkatan.

Sistem Liga Esports Nasional 2023 akan terdiri dari tiga tingkatan yang dimulai dari Liga 3, Liga 2, dan Liga 1 Esports Nasional.

“Sebagai bagian dari agenda utama PB ESI, Liga Esports Indonesia akan dibuat terbuka untuk atlet dan tim esports dari seluruh penjuru Nusantara,” kata Frengky Ong Sekretaris Jenderal PB ESI, Jumat (14/4/2023).

Melansir dari Antara, Liga Esports Nasional adalah sebuah kompetisi esports terbuka berskala nasional yang ditujukan untuk pembibitan atlet dan pemerataan esports di Indonesia.

Melalui liga terbuka ini, PB ESI ingin memperkenalkan bakat-bakat terbaik Indonesia ke tingkat nasional dan internasional, dan memberikan dukungan yang diperlukan bagi mereka untuk mencapai prestasi di dunia esports.

“Tujuan utama dari Liga Esports Indonesia adalah mengembangkan ekosistem esports, memberikan pemahaman akan cabang olahraga esports, dan membuka kesempatan bagi masyarakat Indonesia untuk menjadi bagian dari industri esports yang berkembang pesat,” ujar Frengky.

Untuk penyelenggaraan Liga Esports Nasional 2023, PB ESI didukung oleh operator resminya, PT Garuda Produksi Kreatif (GPK).

Diana Sutrisno Direktur PT GPK mengungkapkan bahwa Liga Esports Indonesia memiliki tiga prinsip utama, yaitu terbuka, tersebar, dan tertata.

“Dengan prinsip ini, Liga Esports Nasional bersifat inklusif dan membuka kesempatan bagi seluruh masyarakat Indonesia untuk berpartisipasi dalam dunia esports,” kata Diana.

Diana mengungkapkan liga juga bertujuan memperkenalkan atlet, pelatih, wasit, dan talenta lokal ke tingkat nasional, serta didukung secara penuh oleh semua stakeholder, baik swasta maupun pemerintah Indonesia.

“PB ESI berharap, Liga Esports Nasional 2023 dapat menjadi jalan bagi atlet-atlet di seluruh wilayah Indonesia untuk mewujudkan mimpi dan impiannya,” ujarnya.

Diana menyebutkan tujuan diselenggarakannya Liga Esports Nasional 2023 adalah untuk meningkatkan pemahaman dan keterlibatan masyarakat Indonesia dalam olahraga elektronik.

Dengan tagar #LiganyaIndonesia, Liga Esports Nasional mengajak semua orang untuk bergabung dan menjadi bagian dari industri esports Indonesia yang berkembang pesat.

“Kami percaya bahwa dengan Liga Esports Nasional, kami dapat meningkatkan prestasi atlet esports Indonesia dan melengkapi ekosistem esports dan liga-liga yang sudah ada sebelumnya,” tutur Diana.(ant/abd/ipg)

Berita Terkait

..
Surabaya
Kamis, 20 Juni 2024
28o
Kurs