Minggu, 25 Februari 2024

Pemerintah Lakukan Evaluasi Total Usai Kontingen Indonesia Gagal Penuhi Target di Asian Games 2022

Laporan oleh Muhammad Syafaruddin
Bagikan
Kontingen Indonesia di closing ceremony Asian Games 2022 di Hangzhou. Foto: NOC Indonesia/Naif Al'as

Pemerintah akan melakukan evaluasi total atas kegagalan kontingen Indonesia memenuhi target di Asian Games 2022 di Hangzhou, China.

Indonesia menempati peringkat 13 di Asian Games 2022 dengan 7 emas, 11 perak, dan 18 perunggu. Pencapaian ini tidak sesuai dengan target sepuluh besar yang dicanangkan Joko Widodo Presiden.

“Kami akan melakukan analisis bagi yang meleset dari target. Kami harus duduk bersama dan mencari solusi apa yang terbaik,” ujar Dito Ariotedjo Menpora dilansir Antara, Selasa (10/10/2023).

Meski demikian, jumlah medali emas kali ini merupakan yang terbanyak sejak Asian Games 1982 di New Delhi, jika mengecualikan hasil kontingen Indonesia di Asian Games 2018 saat menjadi tuan rumah.

Lebih lanjut, Raja Sapta Oktohari Ketua Komite Olimpiade Nasional Indonesia (KOI) mengatakan, hasil dari Asian Games tersebut akan menjadi bahan evaluasi untuk perbaikan menuju Olimpiade Paris tahun depan.

Selain dari hasil yang tidak sesuai target, salah satu cabang olahraga unggulan Indonesia, yakni bulu tangkis mendapat sorotan dan kritikan publik karena tidak menyumbang medali satu pun.

Berbeda dengan Asian Games 2018 yang diselenggarakan di Indonesia, di mana cabang olahraga ini berhasil meraih dua emas, dua perak, dan empat perunggu. (ant/feb/saf/ham)

Berita Terkait

Potret NetterSelengkapnya

Truk Trailer Mogok, Jembatan Branjangan Macet Total

Kecelakaan Truk Box dan Motor di Sukorejo Pasuruan

Tetap Nyoblos Meski TPSnya Banjir

Bus Tabrak Tiang Listrik di Sukodadi Lamongan

Surabaya
Minggu, 25 Februari 2024
25o
Kurs