Jumat, 14 Juni 2024

Persiapan FIBA World Cup 2023 di Indonesia Sudah 99 Persen

Laporan oleh Risky Pratama
Bagikan
Cahyadi Wanda Ketua Joint Management Committee (JMC) FIBA World Cup 2023 saat berada di Surabaya, Rabu (2/8/2023). Foto: Risky suarasurabaya.net

Cahyadi Wanda Ketua Joint Management Committee (JMC) FIBA World Cup 2023 menyatakan, persiapan piala dunia basket di Indonesia sudah mencapai 99 persen.

“Persiapannya sudah 99 persen, karena pada hari ini juga tepat akan diadakan tes event,” ucapnya di Surabaya, Jawa Timur, Rabu (2/8/2023).

Kegiatan tes event itu, kata dia, dilakukan untuk memastikan kesiapan venue, kesiapan seluruh perangkat pertandingan hingga kesiapan seluruh tempat yang akan digunakan nantinya pada gelaran piala dunia basket.

Menurutnya, Indonesia jadi tuan rumah piala dunia basket melalui proses yang panjang, dan harus bersaing dengan negara-negara lain yang juga mengajukan, seperti Argentina, Rusia dan Turki. Oleh karena itu, Cahyadi menegaskan momentum tersebut harus dimanfaatkan dengan baik.

“Mungkin kita tidak tahu kapan Indonesia akan dapat kesempatan lagi, karena prosesnya sudah dari tahun 2017. Saat itu harapannya hanya memberanikan diri, waktu itu Filipina dan Jepang yang mengajak, kami mengajukan diri dan akhirnya Indonesia, Jepang dan Filipina yang terpilih,” ucapnya.

Keberhasilan Indonesia menjadi tuan rumah Piala Dunia Basket 2023, lanjut Cahyadi, juga sekaligus merupakan yang pertama kalinya host FIBA World Cup diadakan di tiga negara sekaligus.

Lebih lanjut, dia bilang walau Timnas Basket Indonesia tidak bermain dalam piala dunia, event basket terbesar dunia itu harus memotivasi Indonesia untuk lebih baik lagi.

“Karena kapan lagi melihat ini? Ini adalah harapan, kita adalah tuan rumah tanpa tim yang bermain, tapi justru itu yang harus dijadikan pembelajaran dan motivasi. Tidak mudah menyelenggarakan event ini, dan yang tidak mudah lagi adalah harus dijadikan sebuah mimpi,” ucapnya.

Sekadar informasi, dalam gelaran piala dunia basket tahun ini, timnas yang akan bermain di Indonesia dari grup G dan H dengan total delapan tim.

Untuk jadwal pertandingan yang akan diselenggarakan di Indonesia Arena Jakarta itu, dimulai pada 25 Agustus hingga 3 September mendatang.(ris/rid)

Berita Terkait

..
Surabaya
Jumat, 14 Juni 2024
26o
Kurs