Sabtu, 27 April 2024

Piala Dunia U-17 2023 di Indonesia Tembus 400.000 Penonton

Laporan oleh Meilita Elaine
Bagikan
Marsal Masita Direktur Marketing PSSI sekaligus Head of Marketing and Commercial LOC Piala Dunia U-17 2023 saat konpers di Surabaya, Jumat (17/11/2023). Foto: Meilita suarasurabaya.net Marsal Masita Direktur Marketing PSSI sekaligus Head of Marketing and Commercial LOC Piala Dunia U-17 2023 saat konpers di Surabaya, Jumat (17/11/2023). Foto: Meilita suarasurabaya.net

Gelaran Piala Dunia U-17 2023 di empat stadion di Indonesia tembus 400 ribu penonton.

Marsal Masita Direktur Marketing Persatuan Sepak Bola Seluruh Indonesia (PSSI) sekaligus Head of Marketing and Commercial LOC Piala Dunia U-17 2023 menyebut, dari keempat stadion Jakarta International Stadium (JIS), Stadion Si Jalak Harupat Bandung, Stadion Manahan Solo, dan Stadion Gelora Bung Tomo (GBT) Surabaya, jumlah 400 ribu itu besar sekelas Piala Dunia U-17. Surabaya penyumbang terbesar.

“Surabaya ini kota dengan penonton terbanyak. Surabaya ada Tim Nasional Indonesia, mangkanya kenapa penonton terbanyak. Jumlah ini (400 ribu) besar. Ini bukan Piala Dunia senior dan U-20, ini the low level FIFA punya World Cup, Surabaya memberi kontribusi terbesar dari 400 ribu itu,” jelasnya saat konferensi pers di Media Center Piala Dunia U-17 2023 di Surabaya, Jumat (17/11/2023).

Meski menurutnya, usai Tim Nasional Indonesia kalah melawan Maroko dengan skor 1-3 Kamis (16/11/2023) semalam,  akan jadi pertimbangan kemungkinan penonton berkurang. Kekhawatiran itu muncul karena peluang Timnas Indonesia masuk 16 besar sangat tipis.

“Kami setiap hari ada daily meeting dengan FIFA. Tadi pagi juga bahas ini (kekalahan Timnas Indonesia akankah mengurangi jumlah penonton di GBT). Jadi kalau ditanya ke kami, kami mungkin agak terbelah hatinya karena kita ekspektasi menang,” jelasnya.

Namun ia yakin, banyaknya pecinta bola di Indonesia, animo penonton akan tetap terjaga di setiap stadion termasuk Surabaya. Sembari berharap, Indonesia yang kini berada di posisi ketiga Grup A dapat lolos 16 besar.

“Kita percaya semoga angkanya gak turun. Tolong bantu, ini saatnya buat kita lihat pemain terbaik dunia. Kalaupun Indonesia gak lolos, semangat pecinta bola Indonesia appreciate datang ke stadion. Kita juga punya program dengan Kemendikbud untuk bawa pelajar gratis ke stadion, kita buka terus ke stadion harapannya stadion penuh,” bebernya.

Sementara dari pertandingan kemarin, lanjut Marsal, sudah memenuhi target Federasi Sepak Bola Dunia (FIFA) untuk 10 ribu penonton setiap pertandingan.

“Betul secara penonton pencapaian sudah di atas, dengan total jumlah hari pertandingan itu di atas 10 ribu. Angkanya masih akan naik terus,” jelasnya. (lta/faz)

Berita Terkait

Potret NetterSelengkapnya

Motor Tabrak Pikap di Jalur Mobil Suramadu

Mobil Tertimpa Pohon di Darmo Harapan

Pagi-Pagi Terjebak Macet di Simpang PBI

Surabaya
Sabtu, 27 April 2024
30o
Kurs