Selasa, 7 Mei 2024

Tampil Cemerlang di Piala Dunia U-17, Arkhan Kaka Diminati Klub Luar Negeri

Laporan oleh Risky Pratama
Bagikan
Purwanto Suwondo ayah Arkhan Kaka saat berada dalam sesi konferensi pers di Surabaya, pada Kamis (16/11/2023). Foto: Risky suarasurabaya.net Purwanto Suwondo ayah Arkhan Kaka saat berada dalam sesi konferensi pers di Surabaya, pada Kamis (16/11/2023). Foto: Risky suarasurabaya.net

Penampilan apik Arkhan Kaka striker Timnas Indonesia di Piala Dunia U-17 menyedot perhatian pemandu bakat klub luar negeri. Hal itu disampaikan secara langsung oleh Purwanto Suwondo ayah Arkhan Kaka di Surabaya, Kamis (16/11/2023), dalam sebuah sesi konferensi pers.

“Kemarin ada dua agen yang sudah WhatsApp (WA) saya,” ucapnya.

Purwanto mengatakan, salah satu agen yang menghubunginya soal Arkhan Kaka itu, dari Norwegia.

“Saya (awalnya) tidak tahu dia dapat nomor saya dari mana. Ternyata, dia DM ke teman saya, dia kasih nomor saya. Akhirnya saya bilang kepada dia bahwa saya sangat berterima kasih, sangat bersyukur dia mau menaruh perhatian kepada Kaka,” ucapnya.

Meskipun kesempatan itu datang, Purwanto mengatakan bahwa dirinya saat ini belum memiliki keputusan final, karena Arkhan Kaka sekarang masih fokus bermain di Piala Dunia U-17 2023.

Purwanto Suwondo ayah Arkhan Kaka saat berada di Pusat Informasi Piala Dunia U-17 yang berlokasi di Surabaya, pada Kamis (16/11/2023). Foto: Risky suarasurabaya.net

“Sebagai orang tua, saya untuk sekarang belum bisa kasih keputusan, karena Kaka saat ini juga sedang bersama Persis Solo, dan saya tidak berhak melangkah lebih jauh untuk itu,” bebernya.

Tetapi, dengan usia yang masih 16 tahun, menurutnya Arkhan Kaka lebih bagus di untuk matang di kompetisi Liga 1 terlebih dahulu.

“Usia 17 tahun atau 18 tahun baru bisa ke luar negeri. Karena saya lihat ada aturan batasan anak usia 18 tahun baru bisa pergi ke luar negeri,” katanya.

Seperti diketahui, Arkhan Kaka mengawali pengalaman bermain bola di SSB Mitra Tunas Muda Blitar dan masuk ke PSBK Blitar Youth. Setelah itu, pemain dengan tinggi badan 187 itu, pindah ke Akademi Bhayangkara Pro dan bermain untuk Bhayangkara Youth.

Kemudian, Arkhan Kaka hijrah ke Solo dengan bergabung bersama Persis U-20. Berkat penampilan bagusnya, ia promosi ke klub senior Persis Solo.

Arkhan Kaka juga tercatat sebagai pemain yang debut di kompetisi Liga 1 dengan usia termuda. Yakni, bermain di Liga kasta tertinggi Indonesia pada usia 15 tahun 7 bulan 2 hari.

Saat itu, Arkhan tampil sebagai pemain pengganti ketika Persis Solo kalah 1-3 di kandang Persib Bandung dalam pertandingan BRI Liga 1 2022/2023 Selasa, 4 April 2023.

Karir Arkhan Kaka di Timnas Indonesia, selain membela Garuda Muda U-17, Arkhan Kaka juga tercatat pernah bermain untuk Timnas Indonesia U-16 dan Timnas U-20. (ris/bil/ham)

Berita Terkait

..
Potret NetterSelengkapnya

Massa Hari Buruh Berkumpul di Frontage Ahmad Yani

Motor Tabrak Pikap di Jalur Mobil Suramadu

Mobil Tertimpa Pohon di Darmo Harapan

Surabaya
Selasa, 7 Mei 2024
29o
Kurs