Jumat, 26 April 2024

PSSI Sebut Ada Progres Positif Terkait Liga 2 Setelah Temui Pemerintah

Laporan oleh Billy Patoppoi
Bagikan
Yunus Nusi Sekretaris Jenderal PSSI. Foto: Antara

Yunus Nusi Sekretaris Jenderal (Sekjen) PSSI mengatakan, ada progres positif terkait Liga 2 Indonesia musim 2022-2023 yang dihentikan 12 Januari 2023 lalu, setelah pihaknya berdiskusi dengan Zainudin Amali Menteri Pemuda dan Olahraga (Menpora).

“Ada progres positif. Kami berterima kasih atas dukungan pemerintah,” ujar Yunus usai pertemuan dengan Menpora di Gedung Kemenpora, Jakarta, Kamis (19/1/2023) seperti dikutip Antara.

Meski demikian, dia menegaskan bahwa belum ada keputusan soal apakah Liga 2 Indonesia 2022-2023 itu akan dilanjutkan atau tidak. Yunus menyebut, dirinya akan membawa hasil pembicaraan dengan Menpora ke Komite Eksekutif (Exco) PSSI.

Exco PSSI selanjutnya akan membahas hal itu dalam rapat darurat, yang rencananya digelar Jumat (20/1/2023) besok, untuk mendapatkan keputusan soal Liga 2 tersebut.

“Saya akan melaporkannya ke Ketua Umum PSSI dan Exco. Besok mudah-mudahan ada rapat Exco. Saya meminta Pak Ketua Umum (PSSI) untuk menggelar rapat darurat,” kata Yunus.

Sementara Zainudin Amali Menpora memastikan, pemerintah tidak dalam posisi mengintervensi PSSI terkait Liga 2 dan Liga 3 2022-2023.

Amali menekankan bahwa Pemerintah Indonesia dalam posisi mencarikan jalan keluar, untuk persoalan yang berimbas pada masa depan klub-klub peserta. Joko Widodo Presiden yang memberikan mandat langsung kepada Menpora untuk menemukan solusi terbaik bagi semua pihak.

“Saya mendapat arahan dari Bapak Presiden untuk segera mencarikan jalan keluar. Saya pun berdiskusi dengan Pak Sekjen PSSI dan Ferry Paulus Direktur Utama PT Liga Indonesia Baru secara virtual hari ini, agar tidak terkesan ada intervensi dari pemerintah,” tutur Menpora.

Salah satu hasil pertemuan tersebut, lanjut Amali, adalah PSSI dan LIB akan menggelar pertemuan dengan klub-klub Liga 2 untuk menjelaskan situasi kompetisi. Pertemuan itu diwacanakan berlangsung, pada Selasa (24/1/2023).

“Hasil itu akan dilaporkan lagi kepada kami (Kemenpora) dan itu menjadi pegangan pemerintah,” ujar Menpora.

Adapun terkait putaran nasional Liga 3 2022-2023, yang ditiadakan bersamaan dengan dihentikannya Liga 2, PSSI memastikan bahwa masa depannya juga diputuskan dalam rapat darurat Exco, berikut format Liga 1 apakah tetap dengan tanpa degradasi atau dikembalikan ke awal. (ant/bil)

Berita Terkait

Potret NetterSelengkapnya

Motor Tabrak Pikap di Jalur Mobil Suramadu

Mobil Tertimpa Pohon di Darmo Harapan

Pagi-Pagi Terjebak Macet di Simpang PBI

Surabaya
Jumat, 26 April 2024
26o
Kurs