Jumat, 17 Mei 2024

PSSI Sebut VAR Hindarkan Wasit Membuat Keputusan “Ngaco”

Laporan oleh Muhammad Syafaruddin
Bagikan
Erick Thohir, Ketua Umum PSSI. Foto: PSSI

PSSI kembali menggelar pelatihan kepada wasit Liga 1 dan Liga 2 terkait penerapan teknologi Video Assistant Referee (VAR). Erick Thohir Ketua Umum PSSI berharap tak ada lagi wasit yang mengeluarkan keputusan kontroversial.

Menurut Erick, penerapan VAR adalah bagian dari upaya PSSI dan PT Liga Indonesia Baru (LIB) sebagai operator kompetisi untuk menciptakan liga yang sehat, bersih, dan adil.

“Pelatihan ini sangat penting apalagi sebentar lagi kompetisi Liga 2 segera dimulai dan VAR akan segera diimplementasikan,” katanya dalam laman resmi PSSI, Rabu (19/7/2023).

“Saya berharap, usaha keras PSSI ini benar-benar ditanggapi dengan serius para wasit. Sebab upaya ini untuk perbaikan korps wasit Indonesia. Jika setelah pelatihan ini, masih ada yang ngaco, akan saya gigit,” tegasnya.

Program pelatihan VAR ini berlangsung selama tiga hari pada 18-20 Juli 2023 di Jakarta. Program pelatihan VAR tahap kedua ini dibagi dalam beberapa sesi.

Dalam program pelatihan ini setiap hari para peserta akan dipresentasikan materi-materi dasar dan pengenalan terkait sistem VAR. Hal yang paling mendasar tentu adalah Law of The Game yang menjadi pedoman untuk mengambil keputusan.

Pada akhir program pelatihan, akan ada tes bagi semua peserta terkait semua materi yang dipresentasikan selama tiga hari. (saf/ham)

Berita Terkait

..
Potret NetterSelengkapnya

Massa Hari Buruh Berkumpul di Frontage Ahmad Yani

Motor Tabrak Pikap di Jalur Mobil Suramadu

Mobil Tertimpa Pohon di Darmo Harapan

Surabaya
Jumat, 17 Mei 2024
25o
Kurs