Kamis, 20 Juni 2024

PSSI Siapkan Strategi untuk Hadapi Ketatnya Kalender Timnas Indonesia

Laporan oleh Ika Suryani Syarief
Bagikan
Erick Thohir Ketua Umum PSSI menyampaikan agenda timnas Indonesia dalam sesi konferensi pers di GBK Arena, Jumat (28/4/2023). Foto: Antara

Erick Thohir Ketua Umum PSSI mengaku akan menyiapkan strategi guna menghadapi ketatnya kalender timnas Indonesia dalam menjalani laga internasional.

Sejumlah laga sudah menunggu timnas Garuda mulai FIFA match day, Asian Games, kualifikasi Piala Dunia 2026 dan AFC Asian Cup 2023.

“Bersama EXCO kami meninjau kalender sepak bola karena persiapan tim nasional ini harus benar-benar serius,” kata Erick Thohir dalam konferensi pers di GBK Arena, Jakarta, Jumat (28/4/2023).

Jadwal terdekat, timnas Indonesia senior dijadwalkan akan menjalani FIFA match day pada 12-20 Juni dan 4-12 September. Lalu timnas Indonesia U-24 dijadwalkan akan mengikuti Asian Games 2022 Guangzhou pada 23 September sampai 8 Oktober.

Melansir dari Antara, kualifikasi Piala Dunia 2026 bakal digelar 12 Oktober, sedangkan AFC Asian Cup 2023 Qatar berlangsung pada 12 Januari sampai 10 Februari 2024.

Melalui hasil dua pertandingan melawan Burundi di ajang FIFA match day sebelumnya, timnas Indonesia berhasil naik dua peringkat dari peringkat ke-151 menjadi peringkat ke-149.

Erick Thohir optimistis menghadapi padatnya event yang bakal dijalani oleh timnas Indonesia mulai dari jenjang U-22, U-24 dan senior jika dipersiapkan secara berkesinambungan mulai dari sekarang.

“Artinya kalau ini disiapkan secara berkesinambungan, mestinya bisa. Tapi tentu tantangannya ekstrem tahun ini. Oktober-November tahun ini ada kualifikasi Piala Dunia 2026,” kata mantan Presiden klub Inter Milan itu.

PSSI bakal bekerjasama dan berkoordinasi dengan penyelenggara liga serta seluruh klub-klub untuk mengizinkan pemainnya nanti ditarik membela skuad garuda di ajang internasional.

“Saya juga sudah meminta liga untuk mulai memaparkan jadwal minggu depan yang kami sepakati mulai 1 Juli berakhir April, mungkin bergeser sedikit karena di tahun depan di bulan Januari ini ada AFC Asian Cup di Qatar. Liga tidak keberatan Juli sampai Mei, tetapi di jadwal Asian Games dan AFC semua liga tidak bermain,” pungkas Erick Thohir.(ant/abd/faz)

Berita Terkait

..
Surabaya
Kamis, 20 Juni 2024
29o
Kurs